11 Makanan Khas Semarang Bikin Nagih

11 Makanan Khas Semarang Bikin Nagih

7 Berita Menarik 7 Fakta Menarik 7 Hal Terbaik Dunia 7 Hal Terbaik Indonesia Artikel Menarik Artikel Unik https://7terbaik.com/ On The Spot Trans7

Anda sedang berkunjung ke Semarang? Pastikan anda tidak melewatkan hidangan kuliner terbaik khas Semarang bila tidak berkeinginan menyesal nantinya. Berikut rekomendasi 11 Makanan Khas Semarang yang harus kita dicicipi.

11 Makanan Khas Semarang Bikin Nagih

Bukan cuma bandeng presto yang jadi primadona makanan di kota Semarang tapi masih banyak makanan yang patut buat di coba. Intip yuk apa aja Makanan Khas Semarang yang enaknya gak ketolongan :

1. Nasi Ayam Semarang

Makanan khas Semarang yang paling enak dan bikin nagih yang pertama adalahnasi ayam Semarang. Makanan yang satu ini berisikan nasi liwet plus telur rebus plus suwiran ayam yang disiram menggunakan kuah opor dan tambahan sambal goreng jipan, dijamin rasanya akan membuat Anda ketagihan berkeinginan mencobanya lagi dan lagi.

Sekilas, nasi ayam Semarang memang serupa nasi liwet Solo, namun nasi ayam Semarang disajikan menggunakan sate telur puyuh, usus dan teh hangat sebagai menu pelengkapnya. Pastikan anda telah mencicipi menu dengan kuah opor kuning khas Semarang yang satu saat berkesempatan mengunjungi kota Semarang.

2. Bandeng Presto

Bendeng presto juga menjadi salah satu kuliner terbaik khas Semarang yang layak Anda cicipi saat mengunjungi Semarang. Banden presto terbuat dari olahan ikan bandeng yang dimasak dengan kiat presto gula melunakkan dan menghilangkan duri ikan bandeng yang terlampau banyak.

Presto merupakansebuah teknik memasak dengan menggunakan tekanan uap air yang tinggi, dan biasanya panci akan dikunci rapat agar airnya tidak meluap. Di samping itu, tambahan daun pisang juga dibutuhkan untuk memasak dengan kiat presto di bagian bawahnya. Namun, ingat jangan lupa bumbu yang harus di baluri pada ikan bandeng sebelum memasaknya.

3. Tahu Gimbal

Namanya saja sudah sangat unik bukan? Tahu gimbal merupakankuliner khas Semarang yang terbuat dari olahan tahu dan penyajian gimbal yang terlihat semakin menarik. Di dalam menu yang satu ini juga terdapat tambahan potongan lonting dan kol yang kemudian disiram bumbu kacang plus petis sehingga semakin menggugah selera semua orang yang menatapnya.

Gimbal sendiri adalahsejenis makanan olahan udang yang telah ditepungkan, bisa dibilang nyaris serupa bakwan udang. Jika Anda berkeinginan menikmati satu porsi tahu gimbal, biasanya akan ada tambahan kerupuk udang renyah sehingga semakin lezat dan gurih untuk dinikmati.

4. Garang Asem

Garang asem merupakansalah satu kuliner tradisional di kota Semarang yang berisi ayam plus kuah santan yang dimasak hingga menguarkan aroma memikat yang mustahil di abaikan. Tahukah Anda? Garang asem merupakanmakanan berbumbu belimbing wuluh yang dimasak dalam bungkus daun pisang dan ditutup menggunakan lidi.

Hal inilah yang membuat para pemburu kuliner khas nusantara semakin tertarik mencicipi kuliner terbaik khas Semarang ini. Agar lebih nikmat, biasanya garam asem akan dimasak dengan tambahan nasi hangat, jeroan ayam, tempe goreng dan perkedel. Dijamin, Anda akan jatuh cinta pada menu yang satu ini.

5. Mie Kopyok

Mie kopyok merupakansalah satu makanan terenak di Semarang. Mie kopyok sendiri dibuat dengan bahan utama mie yang ditambahkan tetelan daging dan sebanyak lauk lainnya. Satu yang membuat mie kopyok berbeda ialah tambahan keupuk gendar, yakni sejenis kerupuk yang dibuat dari adonan nasi yang sangat gurih dan renyah.

Sebagian masyarakat pun tentang mie kopyok dengan nama mie teng-teng dan mie lontong. Disebut mie teng-teng sebab semua penjaja tidak jarang mendagangkan mie kopyok dengan kiat membunyikan suara teng-teng. Sedangkan dilafalkan mie lontong, sebab pun dapat diperbanyak irisan lontong di dalam mie kopyok.

6. Soto Bangkong

Menu terbaik khas kota Semarang selanjutnya adalahsoto bangkong yang telah terkenal dengan kelezatannya yang tidak main-main. Bagi Anda yang tertarik, soto bangkong bisa dengan mudah ditemukan di lokasi tinggal santap jalan Brigjen Katamso. Hingga saat ini, lokasi tinggal santap yang memperkenalkan menu soto bangkong ini semakin laris dan teru berkembang dengan membuka cabang di hampir seluruh pulau jawa.

Soto bangkong disajikan dalam mangkuk kecil dengan irisan sueiran ayam, tauge, irisan tomat, bihun dan taburan bawang putih dan merah. Dijamin, rasanya akan membuat lidah anda tergoyang dan berkeinginan memakannya lagi dan lagi.

Panduan Wisata Kuliner Kota Semarang

7. Tahu Petis

Sesuai namanya, kuliner yang satu ini pasti terbuat dari tahu dan petis sebagai bahan dasar pembuatannya. Tahu yang akan diolah biasanya akan disayat terlebih dahulu dan diisi dengan petis. Pastikan irisan tahu tidak sampai terbelah dan juga tidak terlalu padat. Tahu petis kemudian akan digoreng hingga garing.

Akan semakin nikmat bila menikmati tahu petis dengan tambahan cabai rawit, terlebih guna Anda yang menggilai makanan pedas. Petis sendiri merupakan sejenis olahan dari sisa cairan perebusan udang atau ikan yang kemudian dipanasi hingga kental dan menjadi saus kehitam-hitaman.

8. Nasi Goreng Babat Gongso

Nasi Goreng Babat Gongso ialah nasi goreng lezat yang sajiannya itu semakin menyeluruh sebab ekstra babat atau kulit sapi yang dipotong berukuran 3 x 4 cm. Dengan tambahan bumbu bawang merah dan putih, terasi, kecap dan cabai merah, nasih goreng babat akan berwarna kecoklatan dan dijamin mempunyai rasa yang sangat lezat dan membuat Anda ketagihan.

Akan semakin nikmat bila Anda menambahkan telur untuk di orak-arik di atas hidangan nasi goreng babat gongso. Bagi Anda yang tertarik, kita pun dapat menambahkan limpa, paru rebus dan iso sebagai urapan yang membuat nasi goreng babat gongso semakin nikmat untuk dicicipi.

9. Lumpia Semarang

Lumpia memang telah terkenal sebagai salah satu kuliner khas Semarang yang wajib dicicipi saat Anda berkesempatan mengunjungi kota Semarang. Dalam Bahasa Inggris, lumpia dikenal dengan nama spring roll karena bentuknya yang dibuat bundar. Lumpia terbuat dari adonan tepung yang di berikan isian yang dan digulung untuk dicelupkan ke dalam minyak panas.

Di samping itu, untuk isiannya lumpia pun paling bervariasi, mulai dari daging ayam, telur orak-arik, bawang putih, potongan sayuran, ebi, hingga rebung. Perpaduan semua rasa ini akan membuat cita rasa lumpia Semarang semakin nikmat saja. Pastikan kita dapat menyantap menu yang satu ini saat berkunjung ke Semarang.

10. Tahu Pong

Tahu pong memiliki bentuk bulat dengan isian kopong yang telah populer sebanyak waktu lalu. Prose penyajian tahu pong pun seringkali bakal ditambahkan gimbal udang plus cabe rawit sehingga semakin lezat saat dinikmati. Rasanya yang gurih dan empuk membuat kuliner tahu pong layak dicicipi oleh seluruh pemburu kuliner atau makanan khas Semarang.

11. Pisang Plenet

Sebagian besar dari kita pasti merasa asing dengan kuliner yang satu ini. Jelas, menu pisang plenet memang tidaklah seterkenal mochi, lumpia hingga banden presto, tetapi tidak boleh pernah menyepelekan citarasa nikmat dari salah satu menu khas kota Semarang ini. Sesuai namanya, pisang plenet dibuat dari olahan pisang dengan rasa manis yang sangat nikmat dan bentuk pipih (plenet).

Proses pembuatannya adalahdengan memotong pisang kepok matang dan dibakar menggunakan api kecil hingga berwana kecoklatan. Kemudian pisang ditiriskan di baluri olesan margarin dengan tambahan neises, coklat, selai nanas, gula bubuk dan lainnya. Terakhir, pisang plenet akan kembali di tutupi dengan pisang pilih sehingga bentuknya nyaris serupa roti tawar asi.

Artikel Kuliner Lainnya :
15 Destinasi Kuliner Salatiga Terbaik
11 Tempat Kuliner Probolinggo Paling Nikmat
15 Kuliner Pekalongan Lezat Harus Dicoba
10 Makanan Khas Kota Mojokerto
Patut Dicoba 15 Kuliner Magelang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *