10 Makanan Khas Kota Mojokerto

10 Makanan Khas Kota Mojokerto

7 Berita Menarik 7 Fakta Menarik 7 Hal Terbaik Dunia 7 Hal Terbaik Indonesia Artikel Menarik Artikel Unik https://7terbaik.com/ On The Spot Trans7

Mojokerto merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang letaknya di sebelah barat daya Surabaya dengan jarak tidak lumayan lebih 50 km. Wisata Kuliner Khas Kota Mojokerto merupakan salah satu kota yang menikmati perkembangan pesat bila dibandingkan dengan kota lain di wilayah Jawa Timur.

10 Makanan Khas Kota Mojokerto

Perekonomian Mojokerto juga terbilang maju, terlebih lagi ada tidak tidak banyak tempat wisata di sana, baik wisata alam, sejarah, budaya, dan juga kuliner. Lalu bagaimana dengan Wisata Kuliner Khas Kota Mojokerto? Berikut ulasannya.

1. Sate keong

Bagi sejumlah masyarakat Indonesia, Sate keong mungkin terdengar mengherankan sebab sate biasanya berasal dari daging sapi ataupun ayam. Namun, tidak sedikit pun masyarakat yang telah tak asing dengan sate ini. Di samping di Mojokerto, sate keong pun bisa ditemukan di Medan dan Madura. Uniknya, sate keong di Mojokerto ini , keongnya tidak sedikit diperoleh di persawahan masyarakat.

Untuk membuat sate keong memang cukup mudah, tapi dibutuhkan ketelatenan serta kebersihannya. Sebelum cangkang keong dilepas, keong harus direbus terlebih dahulu sehingga keong lebih mudah dikeluarkan dari cangkang dan kotorannya keluar. Setelah itu, keong diolah menjadi sate, dan disiram dengan bumbu sate keong khas. Jangan lupa untuk mencicipi sate keong ini saat berkunjung ke Mojokerto.

2. Sambel wader

Di samping sate keong, makanan khas Mojokerto lainnya yaitu sambel wader. Sambel wader memiliki rasa yang lezat dan dapat dihidangkan saat makan. Disebut dengan sambal wader karena bahan utama dari sambal tersebut merupakan ikan wader.

Ikan wader ini merupakan ikan air tawar yang biasanya ditemukan di sungai atau dibudidayakan sendiri oleh masyarakat Mojokerto. Cara membuatnya pun lumayan mudah. Pertama, bersihkan dahulu ikan wader, sesudah tentu bersih, campur wader dengan bahan sambel seperti bawang, cabai, dll. Kemudian, goreng hingga matang. Sambal kemudian dihaluskan dan dihidangkan bersama nasi.

3. Kerupuk upil

Tidak hanya sate keong dan sambel wader saja, makanan khas lainnya di Mojokerto yaitu kerupuk upil. Namanya mungkin sedikit unik, namun anda tenang saja karena kerupuk ini tidaklah terbuat dari upil. Dinamakan kerupuk upil karena proses penggorengannya tidak menggunakan minyak goreng akan tetapi menggunakan pasir.

Anda dapat mengonsumsi kerupuk upil ini dengan disandingkan petis sehingga terasa lebih nikmat. Kerupuk upil ini dapat anda bawa kembali guna dijadikan oleh-oleh.

4. Kerupuk rambak

Di samping yang disebutkan di atas, makanan lainnya yang menjadi khas Mojokerto merupakan kerupuk rambak. Kerupuk rambak ini pun dapat dijadikan oleh-oleh dan sebagai cemilan anda saat di jalan. Kerupuk rambak Mojokerto rasanya sangat lezat dan gurih. Kerupuk rambak tidak sedikit didapatkan dari Desa Doas, Kecamatan Trowulan.

Kerupuk rambak merupakan jenis kerupuk yang dibuat dari kulit sapi yang sudah menikmati proses pengeringan terlebih dahulu. Di samping kulit sapi, dalam pembuatannya pun dapat memakai bahan lain seperti ikan, udang, dan juga ketela pohon sebagai ganti dari kulit sapi tersebut.

Pastikan kamu dapat memisahkan kerupuk rambak yang bagus dan tidak, karena rambak yang sudah basi tentunya berbeda dengan yang masih baru. Untuk itu, supaya kamu tidak kecewa, kamu dapat bertanya pada yang lebih berpengalaman. Jika juga kamu hendak krupuk rambak yang berbahan dasar kulit sapi asli, kamu dapat bertanya atau berdiskusi dengan penjualnya.

5. Onde-onde Mojokerto

Onde-onde merupakan jenis makanan yang mungkin tidak istimewa untuk kamu karena dapat ditemukan di kota mana saja, terlebih di distrik Jawa. Namun, anda harus mencoba onde-onde Mojokerto, rasanya tentu lebih lezat karena onde-onde sendiri asalnya memang dari distrik tersebut.

Onde-onde ini sangat pas bila disajikan masih dalam keadaan hangat. Onde-onde ini terbuat dari bahan tepung terigu atau tepung ketan. Kemudian digoreng, dan setelah matang, di bagian luar onde-onde ditaburi wijen.

Onde-onde Mojokerto telah memiliki varian rasa yang beragam yaitu cokelat, kacang hijau, dan lain sebagainya. kita pun dapat membawa onde-onde ini sebagai oleh-oleh guna family atau teman dengan varian rasa tersebut.

Oleh Oleh Khas Mojokerto

6. Krupuk Memble

Makanan khas lainnya di Kota Mojokerto merupakan krupuk memble. Nama krupuk ini pun lumayan unik. Tidak hanya namanya yang unik, tetapi proses penggorengannya pun tergolong unik. Saat tahapan menggoreng disediakan dua wajan sekaligus, dimana satu wajan berisi minyak yang sangat panas, sementara satu wajan lainnya bersuhu sedang.

Karena keunikannya tersebut, tidak tidak banyak orang yang mempraktekkan menggoreng krupuk memble ini secara mandiri di rumah, namun berujung pada kegagalan. Selain dapat menemani perjalanan anda, krupuk memble ini juga dapat anda jadikan buah tangan sepulang dari Mojokerto.

7. Gulai Menthok

Gulai menthok juga menjadi makanan khas Mojokerto yang sangat sayang bila tidak anda coba. Makanan ini tergolong Sajian Favorit Di Mojokerto. Menthok atau itik ini memng dibudidaya sendiri oleh masyarakat Mojokerto sehingga kualitasnya pun terjaga. Tidak hanya itu, harganya juga dipasarkan lumayan tercapai di Mojokerto. Jadi, jangan lewatkan gulai menthok ketika kamu berangjangsana ke Mojokerto.

8. Botok Tempe

Apa itu bothok tempe? Botok tempe merupakan jenis makanan yang terbuat dari campuran tempe dan parutan kelapa. Ampas kelapa tersebut dibumbui secara khas, kemudian dicampur dengan udang, teri, dan juga tahu. Bothok tempe ini semakin lezat bila disajikan dengan nasi jagung. Makanan ini khas pedesaan, namun rasanya lezat.

9. Es Gronjongan Majapahit

Setelah merundingkan mengenai makanan, sekarang yaitu minuman khas Mojokerto yaitu Gronjongan majapahit. Kepopuleran es ini membuat penjualannya semakin hari semakin meningkat. Es ini sangat laku di sekian tidak sedikit event, tetapi ketika bulan Ramadhan, es Gronjongan Majapahit ini semakin ramai oleh pembeli.

Diakui sebagai minuman khas karena jenis minuman seperti ini sudah ada sejak zaman dahulu. Isi dari es gronjongan ini yaitu agar-agar yang sudah dipotong-potong, santan dengan aroma daun pandan, sirup, serta es batu. Anda bisa mengonsumsi jenis minuman ini sebagai minuman penutup setelah mengonsumsi makanan khas Mojokerto lainnya.

10. Es Cendol khas Mojokerto

Jenis es lainnya di samping gronjongan, yaitu es cendol. Di samping di distrik Jawa Barat, es cendol pun tidak tidak banyak ditemukan di Mojokerto, bahkan masyarakat telah memandang cendol tersebut sebagai salah satu minuman khas. Es cendol sangat nikmat bila diminum saat cuaca panas. Anda bisa mencobanya saat berkunjung ke Mojokerto nantinya.

Itulah sebanyak makanan khas Mojokerto yang bisa menjadi referensi untuk anda saat berkunjung ke kota tersebut. kita pun bisa membawakan oleh-oleh untuk keluarga, kerabat, dan juga teman. Di samping pada makanan, anda pun dapat membawakan oleh-oleh lain seperti kaos khas Mojokerto.

Lebih dari itu, ketika kamu berangjangsana ke Mojokerto juga bisa berkunjung ke tempat-tempat wisata, khususnya wisata budaya. Beberapa diantaranya seperti candi- candi semasa kerajaan Majapahit Museum Majapahit, dll. Anda bisa belajar sejarah, khususnya terkaitkerajaan Majapahit di sana sehingga diharapkan dapat menambah wawasan dan kecintaan terhadap negara.

Artikel Lainnya :
Patut Dicoba 15 Kuliner Magelang
11 Makanan Khas Madiun Terkenal Paling Lezat
15 Wisata Kuliner Khas Kediri
25 Rekomendasi Tempat Makan Di Depok
16 Makanan Khas Cirebon Murah Meriah

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *