15 Destinasi Kuliner Salatiga Terbaik

7 Berita Menarik 7 Fakta Menarik 7 Hal Terbaik Dunia 7 Hal Terbaik Indonesia Artikel Menarik Artikel Unik https://7terbaik.com/ On The Spot Trans7

Kota Salatiga termasuk kabupaten Semarang di Jawa Tengah dan dikenal sebagai kota transit di Jalur Pantura. Tidak banyak yang mengetahui bahwa kota kecil ini memiliki Wisata Kuliner Salatiga Terbaik yang sayang sekali untuk dilewatkan.

15 Destinasi Kuliner Salatiga Terbaik

Apa saja sih Wisata Kuliner Salatiga Terbaik ?? Berikut 15 destinasi kuliner di Salatiga yang sayang sekali untuk dilewatkan bila berkunjung ke kota kecil dan asri ini.

1. Sate Sapi Suruh

Sate Sapi Suruh merupakankuliner khas Salatiga yang sering kali dicari-cari wisatawan yang mampir ke sana. Potongan dagingnya cukup besar sehingga memesan seporsi saja telah lumayan memuaskan. Pelanggan menyukai Sate Sapi Suruh karena dagingny lunak sampai ke lemak dan otot-otonya, serta tidak berbau amis. Dipadukan dengan bumbun kacang dan kecap manis serta irisan bawang dan jeruk nipis, memberikan sensasi rasa yang segar dan mantap.

Informasi
Nama: Sate Sapi Suruh
Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No. 16F, Salatiga
Telepon: (0298) 315322
Jam buka: 10.00-22.00

2. Bakmi Djowo Semeru

Kuliner khas lainnya yang menjadi tambatan hati wisatawan dan warga setempat merupakan Bakmi Djowo Pak Agus. Kedai sederhana yang terletak di jalan Semeru ini menawarkan aneka olahan mie dan juga bakso. Mienya yang kenyal dan lebar ditambah dengan racikan bumbu yang pas membuat makananan ini selalu dirindukan warga Salatiga yang merantau. Terlebih lagi potongan ayam yang menjadi toppingya, hmm semakin menambah kelezatannya. Jangan lupa memcicipi semangkuk bakso di Bakmi Djowo Semeru yang tak kalah lezat.

Informasi
Nama: Bakmi Djowo Semeru
Lokasi: Jalan Semeru Kalicacing, Sidomukti, Salatiga
Telepon: (0298) 524185
Jam buka: 12.00 -22.00

3. Sate Kambing Blontongan

Sate Blotongan merupakansate khas kelurahan Blotongan di Kota Salatiga. Sate kambing ini uniknya disajikan dalam porsi besar, yaitu 20 tusuk di atas hotplate sehingga masih terasa panas mengepul saat sampai di meja pengunjung. Rasanya gurih dengan daging yang empuk dan tidak amis. Karena disajikan dengan hotplate, pengunjung dapat merasakan kesegaran dan keempukan daging hingga suapan terakhir. Kono katanya sate ini menggunakan daging kambing muda sehingga rasanya khas dan kualitas dagingnya tetap terjaga.

Informasi
Nama: Sate Kambing Blontongan
Lokasi: Jl.Fatmawati, Semarang-Salatiga, Blotongan, Sidorejo, Kota Salatiga,
Telepon: 0812-2516-387
Jam buka: 08.00-22.00

4. Opor Bebek Mak Yah

Bagi yang berpergian dari arah Ambarawa menuju Salatiga, sempatkan mampir ke Warung Makan Mak Yah. Warung ini menyediakan masakan bebek yang enak-enak, seperti nasi bebek goreng yang gurih dan renyah. Namun yang paling istimewa merupakan opor bebeknya. Dengan kiat masak yang masih sangat tradisional dengan menggunakan tungku, bumbu-bumbu dan rempah-rempah lainnya diserap dengan sempurna oleh daging bebek hingga ke tulang. Porsinya juga cukup banyak sehingga dijamin pengunjung akan puas melepaskan lelah di warung ini.

Informasi
Nama: Warung Makan Mak Yah
Lokasi: Jl. Muncul Raya, Kebumen, Banyubiru, arah Salatiga
Telepon: 081325661287
Jam buka: 07.30-17.00

5 Warung Bu Jono

Pernah mendengar mengenai gudeg koyor? Koyor merupakan otot sapi yang biasanya terasa liat dan kenyal bila disantap. Salatiga memiliki makanan khas yang disebut dengan gulai koyor, yang terbuat dari otot sapi dan dimasak serupa gulai padang. Yang paling terkenal merupakan gulai koyor milik Bu Jono yang terletak di belakang ex gedung bioskop Reksa. Rasa koyornya padat dan tidak terlalu berlemak, sehingga lebih ringan di mulut. Sedangkan kuahnya kaya rempah-rempah dan sangat enak menemani sepiring nasi putih hangat, terlebih bila dipadukan dengan seporsi gudeg lengkap, luar biasa mantap.

Informasi
Nama: Gudeg Reksa Bu Jono
Lokasi: Jl. Progo, Kutowinangun Kidul, Tingkir, Kota Salatiga,
Jam buka: 08.00-16.00
Harga: mulai Rp. 15.000

6. Soto Ayam Esto

Pagi-pagi di Salatiga enaknya menyantap semangkuk hangat soto Ayam Esto. Soto ini sedikit berbeda dengan soto yang biasa kamu temukan dengan kuah bening kekuningan karena berkuah santan. Pengunjung akan dihidangkan semankuk nasi soto, mie beras, irisan ayam dan juga kerupk karak yang terbuat dari nasi yang dikeringkan. Jika soto lain biasanya dihidangkan dengan perkedel atau telur, Soto Esto menawarkan sate kerang dan sate telur puyuh sebagai pendamping. Penasaran bagaimana rasanya? yang pasti sayang sekali untuk dilewatkan bila berada di Salatiga.

Informasi
Nama: Soto Ayam Esto
Lokasi: Jl. Langensuko No.4, Salatiga, Sidorejo, Kota Salatiga,
Telepon: (0298) 321187
Jam buka: 06.00-12.00

Wisata Kuliner Kota Salatiga Paling Hits

7. Gecok Kambing

Kuliner khas Salatiga lainnya yang tak kalah ramah di lidah merupakan gecok kambing. Makanan bersantan ini memiliki rasa khas dari kuah yang menggunakan racikan rempah-remoah dan kelapa sangrai. Tekstur kuahnya agak kasar karena kelapa sangrai yang harum sedang rasa ladanya yang tajam melengkapi Rasa Khas Daging Kambing. Karena dimasak dalam satu kuali besar, rasa daginnya benar-benar kaya bumbu dan sangat empuk. Untuk mengejar makanan ini dengan rasa autentik, usahakan mengunjung Desa Tlogo di perbatasan Semarang, dengan Gecok Kambing Bu Sri yang terkenal. Namun, banyak juga resto-resto lain di kota Salatiga yang menjua masakan ini.

Informasi
Nama: Gecok Kambing Bu Sari
Lokasi: distrik belakang bekas stasiun Tlogo, Tuntang – Salatiga.
Jam buka: 11.00 – habis
Harga: mulai Rp. 15.000,-

8. Telon Coffee

Beralih kejajanan khas salatiga dan tempat nongkrong asik, tentunya tak jauh-jauh dari ketan, rangin dan kopi. Telon Coffee menawarkan tempat nongkrong dengan design yang cantik dan cozy di mana anda dapat merasakan semua itu dengan gaya. Kapan lagi menikmati Affogato autentik sambil menyantap sepiring ketan bubuk hangat? Di samping memasarkan sekian banyak jenis kopi autentik dengan rasa kopi yang enak, Telon Coffee juga menghidangkan aneka variasi indomie dengan topping sekian banyak macam.

Informasi
Nama: Telon Coffe
Lokasi: Jl. Imam Bonjol No. 43, Sidorejo Lor, Sidorejo Salatiga.
Telepon: 0857-8615-5334
Jam buka:07.30- 13.00, 17.00-23.00
Instagram: @teloncoffee

9. Gethuk Kethek

Jajanan khas lainnya yang juga adalaholeh-oleh khas Salatiga merupakan gethuk. Gethunk Salatiga terbuat dari ketela, parutan kelapa dan gula pasir yang dibentuk menyerupai ketan berwarna putih dengan rasa gurih manis. Yang paling terkenal merupakan Gethuk Satu Rasa, tetapi sebab pemiliknya mengasuh kera di halaman depan, pengunjung lebih mudah mengingatnya dengan nama gethuk kethek. Di samping memasarkan sekian banyak oleh-oleh lainnya, pengunjung pun dapat menonton langsung proses pembuatan gethuk.

Informasi
Nama: Gethuk Kethek Satu Rasa
Lokasi: Jl. Argotunggal No.9, Ledok, Argomulyo, Kota Salatiga
Telepon: (0298) 315374
Jam buka: 06.00-17.00

10. Lawuh Ndeso

Nama Lawuh Ndeso berarti lauk pauk khas pedesaan. Dari namanya saja sudah menunjukkan bahwa warung yang satu ini memasarkan sekian banyak macam makasan khas rumahan masayarak Jawa Tengah. Warung ini berkonsep prasmanan, sehingga pengunjung dapat menangkap sendiri aneka macam lauk pauk yang disajikan di kuali tanah liat besar-besar. Jika berkeinginan mengetahui keanekaragaman kuliner Jawa Tengah, jangan lewatkan bersantap di sini dan mencicipi brongkos, sambal tumpang, krecek, sayur lodeh, sayur asem, baceman, buntil, oseng daun pepaya, dan masih banyak lagi.

Informasi
Nama: Warung Lawuh Ndeso
Lokasi: Jl. Langenrejo No.6, Gendongan, Tingkir, Kota Salatiga,
Telepon: 0851-0498-0802
Jam buka: 7.30-16.00
Instagram: @lawuhndesosalatiga

11. Toko Oom Tan

Pusat oleh-oleh Oom Tan merupakantoko yang meluangkan ragam jajanan khas Salatiga, seperti enting-enting gepuk, permen asem, singkong keju, gula kacang dan lainnya. Yang paling terkenal merupakan enting-enting gepuk cap Klenteng yang dibungkus kecil-kecil dengan kertas putih dan Cap bergambar Klenteng. Enting-enting gepuk sendiri terbuat dari kacang tanah yang ditumbuk dalam gula merah yang dipanaskan, rasanya manis dengan tidak banyak gurih kacang yang enak sebagai teman minum teh. Di samping oleh-oleh khas Salatiga, Toko Oom Tan pun meluangkan oleh-oleh dari distrik lain seperti Pie Susu Bali, Bakpia Pathok Jogja dan Pisang Bolen Bandung.

Informasi
Nama: Pusat Oleh-Oleh Oom Tan
Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Kalicacing, Sidorejo, Kota Salatiga,
Telepon: (0298) 326484
Jam buka: 09.00-21.00
Website: Oomtan.webs.com

12. Warung Joglo Bu Rini

Jika berkeinginan menikmati suasana pedesaan khas Salatiga, dapat mendatangi Warung Joglo Bu Rini yang menghadirkan pesona makan di tepi sawah. Makan di tepi sawah sambil menikmati hamparan padi hijau dan semilir angin memang membawa kesukaan tersendiri. Disamping hati adem dan mata sejuk, makanan yang terhidang juga terasa sangat nikmat didukung suasana yang asyik. Di Warung Joglo Bu Rini, pengunjung dapat memilih makan di pendopo besar atau duduk di meja-meja yang ditata di tepian sawah. Masakan yang unggulannya ialah sekian banyak olahan iga seperti, iga sapi, iga bakar, sop iga, tongseng iga, rica-rica iga, iga goreng, iga gongso, iga penyet, iga asem-asem iga.

Informasi
Nama: Warung Joglo Bu Rini
Lokasi: Jalan Mawar No. 5B, Kec. Siderojo, Sidorejo Lor, Sidorejo, Kota Salatiga,
Telepon: (0298) 321370
Jam buka: 08.00-20.20

13 Godhong Pring

Tempat yang satu ini paling sesuai menjadi ajang nongkrong anak muda, karena tempatnya unik dan menarik serta suasanya yang nyaman. pengunjung bisa memilih dudk lesehan atau menempati kursi-kursi kayu di resto yang di desain secara kontemporer dengan paduan gaya tradisional Jawa tengahan dan pernak pernik tempoe doloe. Yang tak asing dari godhong pring merupakan beraneka macam teh tempoe doloe yang bisa dipilih oleh pengunjung yang penasaran dengan rasa teh Salatiga yang asli. Sedang untuk makanannya, Godhong Pring menawarkan aneka jajanan sampai menu makan berat seperti ayam bakar, nasi bakar dan nasi pecel.

Informasi
Nama: Resto Godhong Pring
Lokasi: Jalan Merbabu Gang 1 No. 3, Kalicacing, Sidomukti, Kalicacing, Sidomukti, Kota Salatiga
Telepon: 0813-3313-3343
Jam buka: 24 jam
Instagram: @godhongpring

14. Ronde Sekoteng JAGO

Kuliner tempo dulu khas salatiga lainnya merupakan ronde dan sekoteng. Ronde merupakanbola-bola yang terbuat dari tepung beras berisi gula merah yang disantap dengan kuah air jahe hangat bersama kolang kaling, kulit jeruk dan kacang tanah. Sedangkan sekoteng merupakan minuman dari air jahe yang biasanya dihidangkan dengan kacang hijau, kacang tanah dan irisan roti. Roned dan Sekoteng Jago merupakankuliner nostalgia dengan rasa yang tidak ada duanya. Pengunjung banyak merindukan rasa ronde dan sekoteng di sini karena kuah jahenya yang pas dan variasi isi lengkap yang biasanya tidak ditemukan di warung-warung ronde lain. Nikmati juga batagor dan mie kopyok untuk melengkapi hangatnya ronde Salatiga.

Informasi:
Nama: Ronde Sekoteng JAGO
Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.9, Kutowinangun Kidul, Tingkir, Kota Salatiga,
Telepon: (0298) 321813
Jam buka: 14.00-21.30
Instagram: @rondejago

15. Warung Kopi Prijaji

Warung Kopi Prijaji memadukan konsep modern dan tradisional baik dari segi menu dan interior restonya. pengunjung dapat menikmati aneka menu a la western seperti egg benedict dan chicken parmagiana dengan suasana eksotis tradisional. Namun, andalan warung ini ialah ragam racikan kopi yang mencapai 25 macam dan dihidangkan dengan 17 cara. Warung Kopi Prijaji bahkan memiliki merk kopi tersendiri yang dapat pun menjadi oleh-oleh dari Salatiga. Dengan konsep yang unik dan rasa masakan yang enak, pengalaman kuliner di resto ini akan jadi kenangan yang tak terlupakan.

Informasi
Nama: Waroeng Kopi Prijaji
Lokasi: Jl. Hasanudin Banjaran Gg. II/645B, Sidomukti, Mangunsari, Salatiga,
Telepon: (0298) 312448
Jam buka: 16.00-23.00
Instagram: @warungkopiprijaji

Kenakeragaman kuliner Indonesia tidak kalah lezatnya dengan kuliner luar negri. Mengapa tidak menjelajahi kekayaan kuliner lokal sebelum berburu kuliner di luar negri. Selamat menikati waktu yang indah dan perut yang kenyang di Salatiga!

Artikel Kuliner Lainnya :
11 Tempat Kuliner Probolinggo Paling Nikmat
15 Kuliner Pekalongan Lezat Harus Dicoba
10 Makanan Khas Kota Mojokerto
Patut Dicoba 15 Kuliner Magelang
11 Makanan Khas Madiun Terkenal Paling Lezat

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *