9 Makanan Khas Myanmar Wajib Dicoba

9 Makanan Khas Myanmar Wajib Dicoba

7 Berita Menarik 7 Fakta Menarik 7 Hal Terbaik Dunia 7 Hal Terbaik Indonesia Artikel Menarik Artikel Unik https://7terbaik.com/ On The Spot Trans7

Myanmar merupakan salah satu negara di Asia Tenggara dengan Makanan Khas Myanmar yang layak dicoba. Dengan banyaknya etnis di Myanmar, seperti halnya Indonesia menjadikan khasanah kuliner di negara yang dulunya memiliki nama Burma ini sangat beragam.

9 Makanan Khas Myanmar Wajib Dicoba

Dikutip dari HBO Travel, Senin (12/9/2016), berikut merupakan 9 Makanan Khas Myanmar yang harus kita cicipi.

1. Laphet Thohk

Laphet Thohk merupakan sejenis salad dengan bahan utama daun teh yang difermentasikan. Makanan ini bisa dijadikan cemilan, makanan pembuka, atau pendamping nasi. Untuk membuatnya daun teh yang sudah difermentasi dicampur dengan irisan kubis, tomat, kacang yang disangrai, minyak bawang putih, irisan cabai, serta bawang putih cincang.

2. Nga htamin

Nga htamin dengan kata beda nasi ikan. Penampilannya serupa dengan nasi kuning dari Indonesia. Sejarah makanan ini berakar dari kuliner suku Shan, etnis pemeluk agama Buddha terbesar di Myanmar. Untuk membuatnya beras dimasak dengan kunyit dan rempah-rempah hingga menjadi nasi. Kemudian nasi tersebut disajikan dengan taburan ikan dan minyak bawang putih.

3. Hto-hpu nwe

Hto-hpu nwe mempunyai makna ‘tahu hangat’. Tetapi masakan ini sebenarnya sama sekali tidak menggunakan tahu sebagai bahan dasar. Hto-hpu nwe merupakan bubur kental yang terbuat dari tepung kacang polong (chickpea). Bubur berwarna kekuningan ini disajikan di atas bihun, kemudian ditaburi daging ayam atau babi yang sudah ditumis terlebih dahulu.

4. Mohinga

Mohinga yang dialami sebagai makanan nasional Myanmar ini terbuat dari tepung beras, disajikan dengan ikan dan kaldu daun bawang. Biasanya dilengkapi dengan irisan pelepah pisang, potongan telur rebus, perasan air jeruk, cabai kering, dan rempeyek lentil.

Rekomendasi Makanan Enak Myanmar

5. Sanwin makin

Sanwin makin merupakan Jajanan Negara Myanmar yang sangat disukai oleh warga Myanmar. Hidangan ini berupa kue manis berwarna kecoklatan yang dibuat dari gandum, gula, mentega, dan kelapa.

6. Mont Di

Mont Di merupakan sejenis makanan cepat saji tradisional Myanmar yang sangat populer di antara warga negara tersebut. Bahan dasarnya merupakan bihun, disajikan bersama sup yang dibuat dari nga-pi, sejenis pasta ikan khas Myanmar. Kadang disajikan tanpa kuah, dilengkapi dengan ikan goreng tepung dan makanan pelengkap lainnya.

7. Kari Burma

Jangan sekali-kali memesan makanan lain bila Anda sudah memilih Kari Burma. Pasalnya, makanan ini sudah lengkap, dari menu pendahuluan sampai pencuci mulut. Kari Burma sendiri seringkali diciptakan dari daging sapi, kambing, ikan, atau udang, ada juga yang menggunakan daging babi. Serupa dengan jenis kari lain, makanan ini pun kaya akan rempah.

8. Mont Lone Yay Baw

Makanan tradisional ini terbuat dari tepung ketan yang diberi parutan kelapa. Rasanya enak, harganya pun terjangkau. Mont Lone Yay Baw mudah ditemukan di sepanjang jalan.

9. Ohn-No Khao Swe

Ohn-No Khao Swe merupakan mie khas Myanmar yang disajikan dengan potongan ayam, telur bebek, dan irisan bawang merah. Kuahnya terbuat dari santan. Rasanya lezat. Sekali mencicipi hidangan ini, Anda pasti ketagihan.
Ternyata Myanmar tidak hanya indah, namun pun kaya akan kuliner yang sangat menggoda untuk dicoba. Kalau begini, tidak ada alasan lagi untuk menunda traveling ke Myanmar.

Artikel Kuliner Lainnya :
10 Rekomendasi Kuliner Khas Filipina
9 Kuliner Khas Brunei Darussalam
7 Makanan Khas Laos Yang Nampol Abis
10 Makanan Khas Vietnam Wajib Dicicipi
7 Pilihan Kuliner Khas Kamboja

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *