9 Kuliner Khas Brunei Darussalam

9 Kuliner Khas Brunei Darussalam

7 Berita Menarik 7 Fakta Menarik 7 Hal Terbaik Dunia 7 Hal Terbaik Indonesia Artikel Menarik Artikel Unik https://7terbaik.com/ On The Spot Trans7

Brunei Darussalam merupakan salah satu Negara tetangga dari Indonesia yang menyimpan berjuta Kuliner Khas Brunei Darussalam, negara yang memiliki kultur halal ini ternyata mempunyai makanan yang layak untuk dicoba.

9 Kuliner Khas Brunei Darussalam

Negara yang bersistem kesultanan ini sangat makmur dan sangat menjamu turis yang melancong ke Negara mereka. Kuliner Khas Brunei Darussalam yang nikmat serta acara tradisional yang menarik bisa ada temukan jika anda sedang melancong ke Negara Brunei Darussalam.

Berikut akan 7Terbaik paparkan apa saja sih Kuliner Khas Brunei Darussalam yang bisa anda coba saat anda berada di negeri tersebut :

1. Ambuyat.

Makanan ini sepintas terlihat seperti lem, mirip dengan makanan khas indonesia timur yakni Papeda. Menu ini menjadi menu paling di favoritkan di negara Brunei Darussalam. Untuk menemukan kuliner ini kalian bisa pergi ke pusat jajanan kota Brunei. Kuliner ini akan lebih nikmat jika dicampur dengan sup ikan, saus tempoyak, ikan goreng, lalapan, sambel belacan dan hidangan berkuah lainnya.

2. Nasi Katok.

Kuliner yang biasanya disebut dengan nasi kucing atau nasi jinggo di Bali ini disebut dengan nama nasi katok di Brunei Darussalam. Sebagai salah satu menu andalan Brunei Darussalam nasi katok memang cukup diburu karena rasanya yang enak dan harganya yang murah. Menu yang disediakan juga bervariatif seperti nasi kucing di yogyakarta. Untuk nasi katok yang paling di favoritkan berada pada Jalan Cator dan bukan selama 24 jam, jalan cator sendiri berada dekat dengan Terminal Pusat Bandar Seri Begawan.

3. Soto Brunei.

Sekilas soto Brunei terlihat seperti soto lamongan di Indonesia bentuk, isian dan cara penyajiannya juga sama dengan soto lamongan. Isian yang paling di gemari disini adalah suwiran daging ayam kampung, daging sapi, babat, telur rebus, urat dan lainnya. Untuk menemukan makanan ini pecinta kuliner dapat pergi ke pusat kota Brunei Darussalam terutama di food court.

4. Soto Babu Nini.

Makanan ini cukup pas untuk dijadikan sarapan apalagi saat cuaca sedang hujan. Soto yang menggunakan mie, daging sapi dan telur rebus ini hampir sama dengan soto mie bogor yang ada di Indonesia. Untuk menikmati soto babu nini para turis bisa datang ke Kampung Sungai Besar tepatnya di Kota Batu.

Jajanan Pusat Kota Brunei Darussalam

5. Belutak.

Jajanan Khas Brunei Darussalam yang terbuat dari sosis daging sapi sangat populer di kalangan masyarakat. Rasa dari jajanan ini nikmat dengan campuran rempah serta sedikit rasa asam. Jika dilihat dari warnanya sedikit kecoklatan dan cocok saat sedang bersantai di pusat kota atau bahkan untuk menjadi lauk makan nasi. Kalian bisa menemukannya di pusat jajanan kota Brunei di Bandar Seri Begawan.

6. Kuih Celurut.

Jajanan ringan yang sangat disukai oleh traveler indonesia ini adalah kuih khas Brunei. Kuih sendiri di Indonesia lebih dikenal dengan nama kue mirip dengan celorot salah satu kue khas Indonesia. Untuk memakannya cukup mudah hanya dengan menekan salah satu bagian dari kuih kemudian kue akan melorot keluar dari bungkus daunnya.

7. Kuih Cincin.

Kue kering yang memiliki banyak lubang ini terbuat dari gula merah, tepung beras, air, serta gula pasir. Kue ini sama dengan kue kembang goyang yang ada di Indonesia. Kuih cincin sendiri biasa disajikan pada saat lebaran serta saat ada acara besar seperti pernikahan. Jika traveler ingin menemukan kuih cincin bisa pergi ke Pasar Tamu Kianggeh yang banyak sekali menjual kuih ini.

8. Pulut Panggang.

Kudapan ini terbuat dari beras ketan dengan tambahan gula, garam dan santan kelapa kental. Jajanan ini dibungkus dengan daun pisang dan dibakar diatas bara api. Kalian juga bisa mencampurkan makanan ini bersama dengan serundeng dan abon sapi. Tetapi ada penjual yang menyediakan jajanan ini dengan tambahan ikan berbumbu yang sangat nikmat.

9. Hati Buyah.

Ini merupakan salah satu makanan khas yang paling sangat difavoritkan di Brunei Darussalam. Hati Buyah dibuat dari hati dan paru sapi diolah dengan beberapa rempah kemudian ditumis. Kalian bisa menemukan Hati Buyah di food court atau di beberapa tempat jualan kaki lima.

Beberapa makanan yang kami sebutkan diatas memang hampir sama dengan Kuliner Khas Indonesia hanya saja namanya yang berbeda. Ada yang seperti masakan padang atau masakan khas Malaysia. Kebudayaan yang sama dikarenakan kita semua berada bersebelah sebelahan, yuk liburan ke Brunei Darussalam

Artikel Kuliner Lainnya :
7 Makanan Khas Laos Yang Nampol Abis
10 Makanan Khas Vietnam Wajib Dicicipi
7 Pilihan Kuliner Khas Kamboja
12 Makanan Khas Thailand Cocok Banget
10 Makanan Khas Malaysia Wajib Dicoba

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *