10 Kuliner Khas Timor Leste Yang Unik

10 Kuliner Khas Timor Leste Yang Unik

7 Berita Menarik 7 Fakta Menarik 7 Hal Terbaik Dunia 7 Hal Terbaik Indonesia Artikel Menarik Artikel Unik https://7terbaik.com/ On The Spot Trans7

Kuliner Khas Timor Leste dikenal unik dengan sentuhan rasa Asia Tenggara, Eropa hingga Arab. Di samping beras, masyarakat Timor Leste juga membudidayakan makanan pokok dari jagung, ubi jalar, ubi kayu dan talas.

10 Kuliner Khas Timor Leste Yang Unik

Nah, sebanyak Kuliner Khas Timor Leste inilah ini wajib Anda coba bila berkunjung ke Timor Leste. Di samping unik, rasanya dijamin lezat dan bikin ketagihan.

1. Roti Pa’un

Makanan khas Timor Leste ini biasa dijajakan dengan dilangsungkan kaki atau menggunakan sepeda. Bahkan kita dapat mengejar penjaja roti pa’un yang mangkal di sebanyak titik kota. Ada dua jenis roti pa’un yang tak asing yakni roti pa’un berbentuk bun dengan permukaan yang keras (crusty) dan tidak rata serta roti pa’un berbentuk bantal dengan tekstur yang lebih lembut. Keduanya memiliki rasa tawar dan tidak tidak sedikit asin.

Roti pa’un bisa dimakan langsung begitu saja sebagai teman minum kopi, tanpa selai dan tanpa mentega. Untuk menambahkan tidak tidak sedikit rasa, Anda bisa mengoleskan selai nanas atau mentega dan gula pasir ke permukaan roti yang terbuat dari gandum ini.Harga roti pa’un pun cukup murah, Anda bisa membelinya di pasar dengan harga sekitar Rp. 2.500 untuk tiga roti.

2. Carna Assada

Di samping roti pa’un, makanan tradisional Timor Leste yang sangat tidak sedikit ditelusuri wisatawan merupakan Carna Assada. Makanan unik ini terbuat dari olahan daging kerbau yang dipanggang hingga matang. Setelah matang, daging kerbau tersebut disajikan dengan siraman kuah kental berasa manis, asam dan pedas serta merica.

Kuliner tradisional ini memiliki rasa yang unik karena diolah menggunakan air asam dan gula merah. Kemudian dimakan dengan saus yang terbuat dari garam, cabe dan belimbing sayur. Carna Assada tergolong makanan menyehatkan sebab memiliki kandungan lemak dan gizi yang tinggi.

3. Saboko

Saboko sering disajikan di restoran-restoran yang tersebar di Timor Leste. Kuliner ini terbuat dari ikan tuna yang dilumuri dengan sekian tidak sedikit bumbu rempah seperti bawang, cabai dan daun asam muda. Kemudian ikan yang telah dilumuri dengan bumbu tersebut dibungkus dengan daun lontar lantas dibakar. Saboko disajikan di atas piring dengan pelengkap berupa sayur dan nasi.

4. Caldeirada

Caldeirada sering dihidangkan pada acara tertentu seperti pesta ulang tahun, pesta pernikahan dan pesta lainnya. Makanan tradisional Timor Leste ini merupakanstew yang terbuat dari daging sapi atau daging kambing. Stew daging sapi ini dibumbui dengan cabe merah besar, tomat, garam, merica, cuka dan bir. Terkadang caldeirada juga disajikan dengan bahan tambahan kentang dan wortel. Di samping daging kambing dan sapi, caldeirada juga ada yang dibuat dari seafood atau ikan putih. Caldeira biasa disantap bersama dengan roti sebagai pengganti nasi.

5. Selada

Tak hanya kuliner berbahan dasar daging, masyarakat Timor Leste pun memiliki makanan tradisional yang terdiri dari sayuran yakni selada Timor Leste. Selada ini terbuat dari sobekan daun selada bokor, irisan bawang bombay (lis arabie), irisan tomat, selada air (watercress), dan irisan bawang merah. Kombinasi sayuran tersebut disajikan dengan siraman saus vinaigrette segar yang terbuat dari merica, jeruk nipis dan olive oil. Di samping bahan-bahan tersebut, selada Timor Leste pun tidak jarang disajikan dengan tambahan tumis daun dan bunga pepaya atau irisan pepaya muda.

Keunikan Masakan Khas Timor Leste

6. Koto

Makanan tradisional Timor Leste ini serupa dengan sop Brenebon dari Manado karena terbuat dari kacang merah yang direbus hingga matang. Hampir semua masyarakat Timor Leste tentu dapat memasak hidangan koto. Di samping memiliki kandungan gizi yang tinggi serta rasanya lezat, koto juga disukai karena pembuatannya lumayan gampang dan murah sampai-sampai sesuai sebagai hidangan di saat akhir bulan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak koto bisa dengan mudah ditemukan di supermarket dan pasar tradisional. Umumnya kopo dimasak dengan campuran wortel, kol, kentang dan segala macam daging. Bagi masyarakat Timor Leste, koto sudah menjadi menu wajib setiap hari bahkan di warung pun harganya cukup murah sekitar Rp. 10 ribuan untuk satu porsi plus satu piring nasi. Yang membuat koto semakin unik merupakan rasanya semakin enak dan kental bila semakin lama disimpan.

7. Ikan Bakar dan Ketupat

Kuliner Timor Leste yang sangat tidak sedikit dipasarkan di pinggir jalan biasanya berupa kuliner bakar-bakaran (grill). kita dapat mengejar sekian tidak sedikit kuliner bakar seperti ikan bakar (udang, cumi dan ikan terbang atau ayam di sepanjang Pantai Kelapa, di sisi Avenida de Portugal (dekat Pertamina Wharf, red). Ikan atau ayam bakar ini dijual di kisaran harga rata-rata 25-50 centavos atau sekitar Rp. 2.500 hingga Rp. 5.000.

Uniknya lagi, sajian ikan bakar ini disantap dengan ketupat seharga Rp. 25 centavos. Ketupatnya sendiri sudah dibumbui dengan tidak tidak sedikit kunyit sehingga rasanya lebih gurih. Terkadang ketupat ini juga disantap dengan sambal botol. Kuliner ikan bakar ini mudah ditemui di tidak tidak banyak tempat dan dijual berdampingan dengan penjual jagung bakar (bataar tunu) dan jagung rebus.

8. Batar Nurak

Batar Nurak merupakanbubur jagung khas Timor Leste yang disajikan dengan tambahan daun singkong dan kangkung. Bubur jagung ini dinikmati dengan ikan maran goreng (ikan asin kering) dan sambal tomat. Batar Burak memiliki tampilan yang serupa dengan bubur tinotuan hanya saja tidak menggunakan beras.

9. Batar Daan

Di samping batar nurak, makanan tradisional Timor Leste lainnya merupakan batar daan. Kalau batar nurak menggunakan campuran berupa daun singkong, batar daan merupakanbubur jagung yang menggunakan campuran daging sapi, kacang tanah, belimbing wuluh dan sayuran. Di samping dijadikan bubur, masyarakat Timor Leste juga sering mengolah jagung menjadi batar tunu atau jagung bakar.

10. Tukir

Tukir merupakanmakanan khas Viqueque yang terbuat dari daging kambing. Daging kambing ini dimasak dalam bambu yang dibakar di atas bara api. Di samping daging kambing, menu babi guling atau fahi tunu pun tidak jarang disajikan pada acara pesta-pesta besar bersama dengan midar sin atau sejenis babi kecap.

Makanan tradisional Timor Leste tersebut biasa disajikan dengan minuman khas Timor Leste seperti cerveja atau bir. Minuman beralkohol lainnya seperti tuak sabu asal Baucau serta minuman beralkohol rendah Sopi yang serupa minuman Legen di Tuban. Di samping minuman beralkohol, Timor Leste juga dikenal memiliki Kopi Timor. Kopi Timor merupakansalah satu kopi terbaik di dunia termasuk Kopi Letefoho yang berasal dari distrik Ermera. Kopi ini mempunyai wewangian yang sangat kuat dan pekat serta level kafein yang tinggi namun rasa asamnya rendah.

Menikmati kopi di Timor Leste akan semakin lengkap bila ditemani cemilan khas Portugis seperti Bolinhos de Natas dan Bibingka. Camilan Bolinhos de Natas terbuat dari tar telur yang legit dan bisa menetralisir rasa pahit dari kopi. Kebanyakan kuliner di Timor Leste memang tidak tidak banyak berbahan dasar daging non halal seperti daging babi. Meski begitu, anda masih dapat merasakan makanan tradisional Timor Leste yang halal terutama yang berbahan dasar seafood dan tidak sedikit dipasarkan di pinggir-pinggir jalan.

Artikel Kuliner Lainnya :
9 Makanan Khas Myanmar Wajib Dicoba
10 Rekomendasi Kuliner Khas Filipina
9 Kuliner Khas Brunei Darussalam
7 Makanan Khas Laos Yang Nampol Abis
10 Makanan Khas Vietnam Wajib Dicicipi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *