15 Makanan Khas Turki Wajib Dicoba

15 Makanan Khas Turki Wajib Dicoba

7 Berita Menarik 7 Fakta Menarik 7 Hal Terbaik Dunia 7 Hal Terbaik Indonesia Artikel Menarik Artikel Unik https://7terbaik.com/ On The Spot Trans7

Kuliner Khas Turki – Berkunjung ke sebuah negara, kita pasti akan memburu suatu hal yang baru. Misalnya saja seperti budayanya, kiat bicaranya, ataupun juga kulinernya.

15 Makanan Khas Turki Wajib Dicoba

Seperti halnya di Turki. Di Turki tidak tidak banyak sekali Kuliner Khas Turki yang bisa Anda cicipi ketika datang berkunjung ke negara tersebut. Berikut ini ialah sejumlah makanan khas Turki.

1. Kebab

Kebab merupakansalah satu makanan Turki yang sangat digemari tidak tidak banyak orang di seluruh dunia. Kebab merupakanirisan daging kambing atau sapi yang dipanggang di suatu tiang panggangan yang berputar, lantas digulung di dalam roti pita yang gurih. Di samping daging, kebab juga diisi tomat, bawang bombay, selada, jamur, serta saus sambal.

Bila tidak mau menyantap kebab yang dibungkus dengan roti pita, saya dan anda bisa pun mencicipi sate kebab, yaitu potongan daging, paprika, serta bawang yang ditusuk serta dipanggang sampai matang. Di Turki, saya dan anda bisa mengejar makanan ini dengan mudah. Banyak pedagang kaki lima yang menjual kebabhampir di semua wilayah yang ada di Turki.

2. Baklava

Roti manis yang satu ini memanglah mustahil dilewatkan saat Anda tengah berada di Turki. Baklava merupakanroti lapis berisi kacang yang dihidangkan bersama madu atau sirup. Baklava paling serupa dengan bolen pisang yang ada di Indonesia. Roti yang satu ini pun gampang ditemukan di toko-toko kue yang ada di Turki.

3. Borek

Sekilas tampilan Borek terlihat paling serupa dengan Baklava. Hanya saja bila Baklava berisi kacang serta mempunyai rasa yang manis, Borek ini berisi keju, daging cincang, serta sayuran berupa bayam atau kentang. Beragam bahan tersebut menciptakan borek mempunyai rasa yang gurih.

Meskipun penampilannya hampir sama, teknik menciptakan Borek berbeda dari Baklava. Borek umumnya dipanggang langsung atau direbus terlebih dulu sebelum dipanggang. Di samping itu, saya dan anda bisa pun memilih Borek kering gurih atau Borek basah yang empuk serta lumer di dalam mulut. Sebelum dihidangkan, bagian atas Borek juga ditaburi dengan wijen hitam.

4. Dolma

Penampilannya tidak banyak serupa lemper khas Indonesia. Akan tetapi, bila lemper dibungkus dengan daun pisang, maka daun sebagai pembungkus makanan ini dapat di makan. Nama kuliner khas Turki ini yaitu Dolma.

Sayuran yang umum dipakai untuk membuat Dolma ini yaitu terong, paprika, tomat, kol serta daun anggur. Isi dari dolma ini yaitu nasi serta daging yang dicincang. Lalu, dolma akan di kukus sampai matang sebelum dihidangkan.

5. Dondurma

Makanan yang satu ini tidak saja digemari oleh anak-anak saja, tetapi orang dewasa juga suka menyantap kuliner es krim ini. Di Turki, ada satu es krim dengan citarasa yang khas memiliki nama Dondurma.

Tekstur es krim ini hendak lengket seperti permen karet. Untuk meramu es krim ini, diperlukan salep yang terbuat dari tepung akar anggrek usia muda serta mastic yang merupakangetah dari tumbuhan. Tidak heran bila tekstur es krim ini lebih lengket dari es krim biasanya. Dondurma dapat ditemukan di food truck atau kios es krim yang ada di tepi jalan-jalan ramai yang ada di Turki.

6. Kofte

Diantara hidangan Khas Turki yang tidak bisa Anda lewatkan, yakni Kofte yang merupakan hidangan main course.

Kofte merupakan semacam steak berukuran kecil seperti perkedel. Makanan ini berasal dari daging ayam, sapi, atau kambing yang digiling serta dicampur dengan bumbu-bumbu. Langkah mengolah Kofte ini dapat di panggang, di rebus, ataupun di goreng sesuai dengan selera. Kofte ini umum disantap bersama dengan salad, nasi serta saus.

Makanan Harus Dicoba Saat Di Turki

7. Manti

Makanan Turki yang satu ini tidak tidak sedikit mengingatkan kamu pada ravioli, semacam pasta khas Italia. Walau demikian, makanan yang memiliki nama Manti ini merupakan sejenis pangsit yang diisi daging sapi atau domba yang dimasak dengan teknik rebus atau goreng. Sesudah matang, Manti akan dihidangkan bersama dengan mentega serta saus yang terbuat dari yoghurt.

8. Pide

Ternyata saya dan anda bisa pun menjumpai pizza ketika sedang ada di Turki lho. Pide merupakan pizza khas Turki yang mempunyai bentuk seperti daun yang sangat panjang. Sama dengan pizza biasanya, topping Pide terdiri dari daging cincang, paprika, serta keju. Pide ini sangat pas untuk di nikmati ketika sedang bersantai serta mengobrol bareng teman maupun kerabat.

9. Hummus

Hummus yaitu salad khas Turki. Bahan dasar untuk membuat Hummus yaitu kacang arab (chickpeas), olive oil, air perasaan lemon, lada, serta garam.

Karena Hummus merupakanhidangan pembuka, makanan ini umum dikonsumsi bersama dengan roti pita. Langkah menikmati Hummus yaitu sobek tidak tidak sedikit roti pita dan cocol ke Hummus. Dijamin, Anda pasti akan ketagihan sesudah mencobanya.

10. Kumpir

Di Turki, saya dan anda bisa pun merasakan kentang panggang yang memiliki nama Kumpir. Kumpir yaitu kentang panggang yang dibungkus dengan alumunium foil. Sesudah matang, kentang ini di potong menjadi dua serta diberi mentega dan keju.

Beberapa pedagang Kumpir juga menawarkan untuk memberikan topping sosis serta saus tomat di atas Kumpir. Umumnya Kumpir ini tidak tidak banyak dijajakan di tepi jalan atau pasar malam dengan harga yang cukup terjangkau.

11. Lokum Atau Turkis Delight

Lokum atau Turkish Delight yaitu manisan khas Turki yang terbuat dari bahan dasar gel pati serta gula. Manisan ini umumnya dihidangkan dalam bentuk potongan-potongan kecil berupa kubus atau bundar, sekian tidak sedikit warna, serta ditaburi dengan gula bubuk supaya tak lengket.

Di samping bahan dasar, Turkish delight pun lazimnya ditambahkan dengan bahan lain seperti potongan kurma, kacang-kacangan seperti hazelnut, walnut, atau pistachio, serta bahan perasa seperti lemon, kayu manis, atau mint, rosewater, atau jeruk Bergamot.

Manisan ini bukan hanya populer di Turki saja, namun pun Yunani, Romania, Amerika Utara, Brazil, serta Inggris dan negara persemakmurannya.

12. Kunefe serta Kadaif

Kunefe serta Kadaif merupakandua varian dari Kanafeh, yakni makanan khas turki, negara kekuasaan kekaisaran Ottoman yang terbuat dari helaian adonan pastri (kadayif) yang ditumpuk serta diberi isian keju atau kacang, dan disiram dengan sirup atau madu.

Umumnya keduanya sering ditaburi dengan kacang pistachio giling sebagai garnish. Di Turki, kanafeh disebut dengan kunefe serta terbuat dari dua lembar pastri yang terbuat dari helaian kadayif serta diberi keju yang telah dilunakkan di antara lapisannya.

Kunefe sendiri dimasak dengan memakai piring tembaga kecil serta dihidangkan panas-panas dalam sirup dengan taburan kacang pistachio. Hampir serupa tetapi tidak sama, kadaif pun tercipta dari helaian kadayif namun dapat diberi isian keju atau kacang cincang seperti pada baklava, serta dimasak dalam jumlah besar sekaligus dalam loyang yang dipanggang dalam oven.

Supaya warna cokelatnya menarik, permukaan kadaif terkadang diolesi pewarna orange sebelum dipanggang. Penyajiannya, kadaif dipotong-potong terlebih dulu, disiram dengan sirup gula atau madu, serta ditaburi dengan kacang pistachio giling. Selain bentuk sandwich, kadaif ada juga yang berupa roll atau kadaif gulung yang diisi kacang pistachio cincang.

13. Kokoretsi

Kokoretsi atau kokorek yaitu makanan khas Turki yang terbuat dari usus domba atau kambing yang dililit membungkus organ dalam (jeroan) serta dimasak lewat kiat dibakar. Usus yang dipakai untuk membuat kokorec umumnya yaitu usus anak domba yang masih menyusu, sedangkan daging jeroan yang digunakan meliputi hati, jantung, ginjal, serta pankreas.

Untuk membuat kokorec, bahan-bahan ini dipotong terlebih dulu selanjutnya dibumbui dengan air perasan lemon, minyak zaitun, oregano, garam serta lada. Jeroan yang telah dipotong serta dibumbui ini lantas ditusuk seperti sate memakai tusukan panjang, kemudian usus yang telah dibersihkan dililitkan menutupinya sampai rapat serta membuat gulungan.

Gulungan kokoretsi lalu dibakar di atas bara api, atau pemanggang listrik atau gas, dan sesudah matang dipotong serta dihidangkan dalam piring dengan ditaburi oregano. DI Turki, potongan kokorec umum dihidangkan dalam setengah roti baguette atau roti sandwich, dengan ditambah oregano serta paprika.

14. Simit

Simit merupakan makanan khas turki yang merupakanroti berbentuk melingkar seperti cincin yang permukaannya tertutup biji wijen. Roti yang seperti donat ini tidak sedikit dipasarkan di pedangan kaki lima di gerobak-gerobak. Anda mungkin saja dapat menjumpai pedagang simit keliling yang membawa simit yang ditumpuk tinggi di atas kepala.

Berbeda dengan donat yang mempunyai struktur yang empuk, simit ini memiliki tekstur kering serta renyah seperti roti bagel. Ukuran serta teksturnya bisa tidak tidak sedikit bervariasi antar satu kota dengan kota yang lain di Turki. Seperti di Ankara, simit yang dijual mempunyai ukuran lebih kecil serta tekstur lebih kering dibandingkan simit di kota lain. Di samping dikonsumsi begitu saja, orang Turki mempunyai kebiasaan menikmati simit sambil minum teh turki atau cay yang secara tradisional dihidangkan dalam gelas berbentuk tulip.

15. Lahmacun

Satu lagi makanan khas Turki yang serupa dengan pizza. Lahmacun pun tercipta dari adonan roti yang diberi aneka topping seperti daging cincang serta sayuran seperti tomat, bawang bombay, serta peterseli, lantas di panggang. Bedanya dengan Pide, bagian pinggir lahmacun tak dilipat sehingga masih bulat seperti pizza.

Untuk menikmati lahmacun, tambahkan lagi pelbagai topping segar pada bagian tengahnya seperti sayuran, acar, tomat, paprika, bawang bombay, daun selada serta terong bakar. Kemudian taburkan air perasan lemon, ayran, atau salgam. Bila berkeinginan pedas, saya dan anda bisa pun menaburkan serpihan cabai kering di atasnya. Kemudian baru digulung seperti kebab dan lahmacun siap untuk dinikmati.

Artikel Kuliner Lainnya :
10 Kuliner Khas Timor Leste Yang Unik
9 Makanan Khas Myanmar Wajib Dicoba
10 Rekomendasi Kuliner Khas Filipina
9 Kuliner Khas Brunei Darussalam
7 Makanan Khas Laos Yang Nampol Abis

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *