18 Wisata Kuliner Khas Lombok

18 Wisata Kuliner Khas Lombok

7 Berita Menarik 7 Fakta Menarik 7 Hal Terbaik Dunia 7 Hal Terbaik Indonesia Artikel Menarik Artikel Unik https://7terbaik.com/ On The Spot Trans7

Lombok merupakan salah satu Referensi Liburan Akhir Tahun yang cukup sering didatangi wisatawan baik domestik maupun mancanegara di samping Bali. Lombok semakin hari semakin tidak sedikit ditemui wisatawan, terutama yang berkeinginan menikmati keindahan alamnya. Lombok juga terkenal dengan Wisata Kuliner Lombok yang sangat menggugah selera masyarakat indonesia.

18 Wisata Kuliner Khas Lombok

Namun rupanya lumayan tidak sedikit pun kuliner di Lombok yang sayang bila tidak dicoba. Berikut ini rangkaian Wisata Kuliner Lombok yang wajib dicoba ketika berwisata ke Lombok.

1. Nasi Kotaraja

Nasi Kotaraja merupakansalah satu kuliner khas Lombok yang sangat sederhana. Namun dibalik kesederhanaan tersebut, tersimpan cita rasa yang sangat luar biasa. Jika berwisata ke Lombok, makanan yang satu ini harus dicoba.

Hal spesial dari Nasi Kotaraja ini merupakan nasi yang dihidangkan bersama jangan rarit dan juga sambal sebie. Jangan rarit itu sendiri merupakan makanan olahan dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu khas. Bumbu khas itu dijemur terlebih dahulu sebelum digoreng.

Sementara itu, sambal sebie merupakansambal khas bumbu Lombok yang diolah dari cabe rawit hijau. Untuk menikmati makanan ini, wisatawan perlu datang ke Desa Kotaraja yang berada di Lombok Timur.

2. Kelaq Kelor

Jika anda pernah mengetahui atau mendengar istilah kelor atau daun kelor, maka makanan ini merupakan makanan olahan sayur atau daun kelor yang sangat enak dan harus dicoba. Kelor itu sendiri merupakansalah satu jenis sayuran. Mungkin di kota besar sudah jarang yang mengetahui sayuran ini.

Namun pada dasarnya kelor merupakan sayuran yang enak. Apalagi bila dimasak dengan sayuran-sayuran yang bening. Masyarakat Lombok sangat menyukai sayuran kelor ini, dan kelor bisa menjadi makanan khas Lombok.

Kenikmatan sayur kelor akan lebih terasa bila dimakan dengan nasi putih yang hangat dan juga sambal terasi khas dari Lombok. Jika berkeinginan mencoba makanan ini, sebaiknya mampir ke warung makan yang tidak tidak banyak ada di Lombok Timur.

3. Ikan Bakar Pantai Nipah

Satu lagi kuliner khas Lombok yang sayang dilewatkan merupakan ikan bakar Pantai Nipah. Tentunya makanan ini dapat didatangi bila berkunjung ke pantai-pantai di Lombok. Sambil menikmati makanan, sambil menikmati pemandangan. Tentunya hal ini akan menjadi salah satu Wisata Bahari di Indonesia yang tidak terlupakan.

Makanan ini disajikan bersama nasi dan juga sambal plencing. Di samping itu seringkali pun disajikan dengan beberuk. Untuk menikmatinya, datanglah ke jalan di perbukitan Malimbu hingga ke Pantai Nipah. Di sana terdapat tidak sedikit penjaja ikan bakar ini.

Pantai Nipah itu sendiri memang sudah mulai tidak tidak banyak dikenal wisatawan dan sering kali ramai, terutama ketika musim liburan tiba. Maka dari itu, mencicipi kuliner seraya merasakan situasi tersebut akan menjadikan liburan semakin berkesan.

4. Beberuq Terong

Beberuq terong adlaah makanan yang diolah dari terong. Ada dua jenis terong yang dapat diubah menjadi makanan ini, yaitu terong bulat dan terong yang panjang. Untuk terong panjang, seringkali dihanguskan terlebih dahulu.

Sedangkan terong bulat yang mentah, langsung diiris kecil-kecil untuk dicampur dengan bumbu dan sambal khas Lombok. Sementara itu, untuk terong panjang yang dibakar, terong akan disuir-suir dan kemudian dicampurkan dengan sambal pelencing.

Jika berkeinginan menikmati makanan ini, cukup mudah sebab nyaris seluruh warung makan di Lombok menjual makanan dari terong ini. Pilih saja sesuai selera, berkeinginan terong yang matang atau yang dibakar.

5. Kelaq Lebui

Salah satu Tips Liburan ke Lombok untuk menikmati wisata di sana merupakan dengan mencari kuliner khas dan lezat. Salah satunya merupakan kelaq lebui. Nama yang unik untuk orang dari luar distrik Lombok. Inilah makanan khas Lombok yang bisa dimakan bersama nasi yang hangat. Rasanya merupakan pedas dan juga asam.

Makanan Kelaq lebui dibuat dari biji kedelai hitam. Kedelai hitam ini kemudian diolah dengan menggunakan bumbu kuah yang rasanya asam. Sekilas makanan ini serupa dengan makanan dari kacang hijau. Hanya saja warnanya hitam.

Di samping kacang kedelai hitam, ada juga campuran sayur yang dimasak bersama. Biasanya digunakan sayur kemangi yang berbau harum. Sedangkan bumbu yang dipakai ialah bawang merah, bawang putih, terasi, dan juga tomat.

6. Sate Rembige

Sate rembige merupakansalah satu makanan khas Lombok berikutnya yang harus dicoba. Makanan ini terbuat dari daging yang diolah dengan kiat khas kota Mataram.

Ada tiga pilihan jenis sate rembige yang bisa dipilih oleh wisatawan, antara lain sate pusut, sate daging, dan juga sate hati sapi. Pilih sesuai dengan selera.

Biasanya makanan ini tidak disajikan dengan nasi, namun dengan lontong. Untuk menikmatinya, datanglah ke distrik yang namanya seperti sate itu sendiri, yaitu ke distrik yang memiliki nama Rembige. Tempatnya ada di Kota Mataram.

7. Ayam Taliwang

Nama makanan yang satu ini mungkin sudah tidak asing di telinga Anda, karena memang makanan khas Lombok yang satu ini mungkin sudah ada di kota Anda. Walau mungkin Anda sendiri belum pernah mencobanya.

Nah, bila berwisata ke Lombok, wajib guna Anda untuk mencobanya. Ayam taliwang merupakan ayam yang dimasak dengan bumbu khas Lombok dan kemudian dibakar. Namun ada juga yang digoreng.

Untuk menikmati makanan ini langsung dari distrik asalnya, kita dapat mengarah ke kota Mataram, lebih tepatnya di lokasi Saying-sayang. Karena di tempat ini tidak tidak banyak sekali lokasi tinggal santap yang menjual ayam taliwang yang asli Lombok.

8. Kelaq Sebie

Jika anda suka akan makanan pedas dan suka akan tantangan, maka makanan yang satu ini harus dicoba. Inilah Kelaq Sebie yang tak asing menjadi makanan paling pedas khas Lombok.

Bagaimana tidak? Bahan utamanya saja merupakan cabe rawit hijau. Bahkan, cabe yang digunakna untuk memasak makanan ini hingga 1 kilogram. Untuk memasaknya, cabe akan dipotong-potong lalu dicampur dengan bumbu lain seperti terasi, bawang, dan juga santan.

Kelaq sebie enak untuk dikonsumsi dengan tambahan lauk seperti ikan tongkol dan juga sayuran seperti kacang panjang atau terong. Makanan ini mudah ditemui di Lombok.

Cita Rasa Makanan Khas Lombok

9. Ares

Ares merupakan makanan yang diolah dari bahan yang tidak biasa, yaitu batang pohon pisang. Mungkin anda belum pernah menonton makanan dari batang pohon pisang seperti ini. Oleh karena itu, makanan ini harus dicoba.

Pohon pisang yang digunakan untuk membuat ares merupakan pisang kapok. Batang Pohon Pisang yang dipakai ialah yang masih muda. Masakan ares ini diolah dengan bumbu khas.

Pada zaman dulu, makanan ini hanya dihidangkan dalam acara adat tertentu. Namun seiring berkembangnya waktu, makanan ares pun sudah bbisa dinikmati walau tanpa acara adat. Untuk menemukannya juga sangat mudah karena tidak tidak banyak warun yang menjualnya.

10. Sate Tanjung

Anda penggemar sate? Bukan hanya sate Rembige saja yang bisa dinikmati dari wisata kuliner di Lombok. Ada juga Sate Tanjung. Perbedaan sate Tanjung dengan sate pada umumnya merupakan bumbu yang digunakan.

Pada Sate Tanjung, digunakan bumbu yang lebih manis dan pedas. Di samping itu, sate pun dapat dinikmati dengan urap sayur dan juga pelencing kangkung. Bisa juga dinikmati dengan lontong.

Keunikan lain dari sate ini ialah teknik penyajiannya. Penyajian dari Sate Tanjung ini ada di atas opak singkong. Untuk menemukannya, sebaiknya datang ke distrik Lombok Utara, tepatnya di lokasi Tanjung.

11. Nasi Sukaraja

Nama Nasi Sukaraja ini sesuai dengan nama desa asalnya, yaitu Desa Sukaraja yang berada di Ampenan, kota Mataram. Jika Anda berkeinginan mencicipinya, datanglah ke sana langsung.

Sebenarnya nasi sukaraja merupakan nasi campur, yang bisa dipilih sendiri lauknya. Namun perbedaan dan keunikan dari nasi sukaraja ini ada pada campurannya yang berasal dari suku sasak, yaitu campuran olah-olah.

Olah-olah merupakan sayuran khas suku sasak yang dimasak dengan bumbu dan juga santan. Cara mengolah makanan ini juga masih tradisional sehingga kelezatannya tetap terjaga sampai ketika ini.

12. Nasi Puyung

Nasi Puyung serupa dengan nasi Sukaraja, yaitu sama-sama merupakannasi campur. Hanya saja, nasi puyung ini memiliki ciri khas yang berupa makanan pedas yang sangat pedas.

Di dalam nasi puyung biasanya ada kentang goreng kremes, sambal, biji kedelai goreng, dan juga sambal daging. Sambal yang digunakan juga sambal khas Lombok suku sasak.

Untuk menikmatinya, sebaiknya datang ke Lombok Tengah. Namun bila agenda wisata anda tidak ada yang menuju Lombok Tengah, maka nasi puyung juga masih bisa dinikmati di warung atau tempat makan di sekitar bandara.

13. Sate Bulayak

Satu lagi sate khas Lombok yang bisa dinikmati, yaitu sate Bulayak. Sate bulayak merupakan makanan dari sate yang dimakan bersama bulayak. Bulayak itu sendiri merupakan seperti ketupat, namun bentuknya panjang.

Selain itu bulayak tidak dibuat dari daun kepala, namun dibuat dengan daun aren sebagai pelapisnya. Di samping dari bulayak, sate bulayak ini juga khas dari bumbu yang digunakan.

Bumbunya merupakan terbuat dari santan dan juga miri atau kemiri. Untuk menikmatinya, sebaiknya mampir ke kota Mataram, yaitu di sepanjang jalan Udayana. Sementara itu, dapat pun mampir ke Pantai Senggigi atau Taman Hutan Suranadi yang merupakansalah satu Tempat Wisata di Lombok yang bisa dikunjungi.

14. Kelaq Batih

Kelaq batih merupakan kuliner khas Lombok yang lumayan susah guna didapatkan, sebab banyak sekali rumah makan atau restoran tidak lagi menjual makanan yang satu ini. Padahal rasanya cukup enak dan khas.

Makanan ini dibuat dari biji buncis tua dan juga daun singkong muda. Kelaq Batih memiliki bumbu dari rempah-rempah, seperti kencur, cengkeh, cabe, bawang, terasi, merica, dan juga ketumbar.

Biji buncis tadi direbus hingga empuk, lantas ditumis bersama bumbu-bumbu yang sudah disebutkan di atas. Baru nanti daun singkong dimasukkan ke dalamnya. Dan ketika matang, siap dinikmati.

15. Pelencing Kangkung

Pelencing kangkung merupakan makanan yang diolah dari kangkung dengan bumbu atau sambal pelencing. Namun kangkung khas Lombok ukurannya lebih tidak sedikit daripada kangkung distrik lainnya.

Kangkung direbus hingga matang, kemudian disuir-suir, baru kemudian dicampur dengan bumbu pelencing yang pedas khas Lombok. Makanan ini nikmat bila dimakan dengan nasi hangat.

Untuk menikmati makanan ini, lumayan gampang sebab mayoritas tempat makan di Kota Mataram maupun distrik lainnya di Lombok. Makanan ini menjadi salah satu makanan khas Lombok yang harus dicoba.

16. Tikel (Bantal)

Tikel merupakansalah satu jajanan khas Lombok lainnya yang mungkin tidak ada di distrik Anda. Kue ini berbentuk kotak seperti bantal. Mungkin hal ini yang menjadikan tidak tidak banyak orang menyebutnya sebagai kue bantal.

Makanan ini dibuat dari bahan beras ketan dan juga kelapa. Bahan-bahan itu dicampur dan kemudian dibalut dengan daun kepala atau janur. Biasanya di dalamnya juga ada isian berupa buah pisang.

Setelah dibungkus, tikel kemudian direbus hingga warna janur kembali menjadi cokelat dan matang. Untuk menikmati kue ini, sebaiknya datang ke pasar-pasar tradisional di Lombok, terutama Lombok Timur. Setelah mengunjungi Tempat Wisata di Lombok Timur, jangan lupa mencari makanan khas ini.

17. Banget (Jaje Reket)

Nama makanan ini cukup unik. Inilah salah satu jajanan khas Lombok yang dapat diusahakan sebagai camilan. Bahan utama makanan ini merupakan ketan yang dikukus. Kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Cara membungkusnya merupakan memanjang. Makanan ini lebih enak lagi bila dibakar. Aroma ketan dan rasa yang unik akan membuat Anda berkeinginan mencobanya lagi dan lagi. Bahkan seringkali tidak sedikit pun yang membawanya sebagai oleh-oleh.

Untuk menikmatinya, makanan ini tidak sedikit dipasarkan di warung jajanan atau pasar tradisional di Lombok dan lumayan gampang guna didapatkan. Cobalah makanan ini dan bawa pulang sebagai oleh-oleh.

18. Tareq (Goro-goro)

Satu lagi jajanan khas Lombok yang bisa dinikmati ketika berwisata ke Lombok, yaitu Tareq atau Goro-goro. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang dikukus. Selain itu ada juga santan dan juga laruan kapur sirih yang digunakan untuk membuatnya. Cara membuat makanan ini merupakan digoreng sehingga teksturnya cukup keras. Namun kue yang renyah ini biasanya dihidangkan ketika ada perayaan khusus seperti bila ada syukuran atau maulid nabi. Namun makanan ini tetap lestari sampai ketika ini di Lombok.

Itulah sebanyak wisata kuliner di Lombok yang wajib dicoba saat berlibur ke Lombok. Selamat mencoba dan selamat berlibur semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya : 
9 Ciri Khas Makanan Kupang Yang Ngangenin
20 Makanan Khas Bali Yang Bikin Ngiler
10 Makanan Khas Nusa Tenggara Barat
11 Makanan Khas Tradisional Palu
15 Tempat Makan Manado Paling Enak

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *