21 Pusat Wisata Kuliner Kota Lampung

21 Pusat Wisata Kuliner Kota Lampung

7 Berita Menarik 7 Fakta Menarik 7 Hal Terbaik Dunia 7 Hal Terbaik Indonesia Artikel Menarik Artikel Unik https://7terbaik.com/ On The Spot Trans7

Wisata kuliner saat ini sudah menjadi trend tersendiri di kalangan masyarakat Indonesia. Wisata Kuliner Lampung yang menyuguhkan makanan dan minuman yang yang sekian banyak ragam.

21 Pusat Wisata Kuliner Kota Lampung

Untuk mendongkrak Wisata Kuliner Lampung tidak sedikit teknik yang di tempuh oleh semua saudagar kuliner tersebut. Mulai dari menggunakan nama – nama yang unik, memberikan kualitas rasa masakan yang enak, harga yang relatif murah, dan hal hal menarik lainnya yang dapat unik semua konsumen.

Untuk acara – acara wisata kuliner di televisi pun sudah semakin menjamur, hampir setiap saluran dan setiap hari sering kali terdapat saja berita yang menyiarkan tentang kuliner. Jelas saja, urusan tersebut semakin membuat citra kuliner saat ini marak dijadikan sebagai salah satu hal yang bisa dijadikan sebagai suatu wisata.

Di Indonesia sendiri umumnya sudah tidak sedikit sekali sekian tidak sedikit makanan unik yang dapat anda temui di setiap daerahnya, seperti di Yogyakarta dapat anda temukan Gudegnya, di Jakarta ada juga Kerak Telor, dan masih tidak sedikit lagi.

Makanan – makanan tersebut walaupun merupakanmakanan tradisional, tetapi tidak sedikit unik tidak sedikit perhatian semua penyuka wisata kuliner.

Dan sebanyak tahun belakangan ini, sudah semakin tidak sedikit inovasi – inovasi baru, dari kuliner yang di kemas sedemikian rupa dan lebih unik, menarik perhatian.

Lampung juga gak kalah trendnya loh bila membahas tentang tempat – tempat wisata kuliner yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh semua penyuka kuliner.

1. Bakso Sony

Siapa sih yang gak suka bakso, umumnya masyarakat Indonesia sangat menyenangi makanan yang satu ini. Biasanya yang menjadi daya tarik sebuah kedai bakso merupakan perpaduan antara rasa baksonya yang lezat, dan kuahnya yang sangat gurih.

Di Lampung sendiri ada Bakso Sony, yang namanya sudah terkenal hingga luar Lampung loh. Bagi dapat mendatangi Bakso Sony ini, kamu gak perlu pusing. Karena Bakso Sony sudah mempunyai tidak sedikit cabang di Bandar Lampung sendiri khususnya.

Salah satunya berada di Jalan Wolter Mongonsidi 42 A, Bandar Lampung. Kisaran harga saat ini Rp 15.000/porsi, harga itu dapat berubah sewaktu – waktu. Jam buka kisaran jam 10:00 hingga 21:00, setiap hari sering kali buka.

2. Mie Khodon Lampung

Jika tadi sudah ada bakso yang memang tidak sedikit menggemari, kali ini ada kuliner dari olahan Mie yang sama populernya di kalangan masyarakat.

Mie sendiri memang termasuk makanan berat dan tidak sedikit variasi olahan yang bisa dibuat. Karena mie sendiri memang telah paling sesuai dan bersahabat dengan lidah masyarakat Indonesia.

Di Lampung ada olahan mie yang sangat nge-trend nih, namanya Mie Khodon. Mie Khodon? Iya, ini mie yang sangat di gemari masyarakat Bandar Lampung khususnya.

Tempat kuliner ini sudah berdiri sekitar tahun 1965, telah dapat dibilang sebagai mie legend ya. Tentu saja urusan tersebut sangat menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata kuliner yang mempunyai tidak sedikit pelanggan.

Dengan olahan mie dengan perpaduan bumbu yang tidak asal -asal an, membuat tempat kuliner ini bisa berdiri sampai ketika ini.

Oh iya, letaknya berada di Jalan Ikan Bawal, No 23-23 Teluk Betung, Bandar Lampung. Dengan harga berkisar mulai Rp 12.000/porsi. Dan buka dari jam 13:00 hingga jam 18:00, jangan sampai kehabisan ya gaes.

3. Nasi Uduk Toha

Sudah ada bakso, mie, dan kali ini ada olahan nasi yang dijadikan nasi uduk. Pasti semua sudah hampir tau tentang kuliner yang satu ini, dan pastinya sudah hampir semua merasakan nasi uduk. Apalagi buat sarapan pagi.

Nah di Lampung sendiri ada nasi uduk yang sudah sangat terkenal loh, namanya Nasi Uduk Toha.

Buat kamu yang emang sangat gemar dengan nasi uduk, Nasi Uduk Toha ini sangat direkomendasikan buat kamu. Karena kelezatan gurih dan perpaduan lauk pauk yang disediakan sebagai rekan santap nasi uduk, paling dapat membuat kamu ketagihan loh.

Berada di Jalan R.A Kartini, No 156, Bandar Lampung. Harga bervariatif sesuai dengan lauk yang digunakan, mulai dari harga Rp 4.000. Tempat ini buka pada malam hari.

4. Pempek 123

Pempek merupakan salah satu makanan khas Palembang. Yang cita rasanya paling sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia. Namun di Lampung sendiri, pun memiliki tempat kuliner yang menyediakan makanan yang berasal dari olahan ikan ini.

Namanya merupakan Pempek 123, wah namanya menarik pun bukan. Bukan hanya dari namanya sajan yang unik, namun rasa pempek yang diproduksi di tempat ini pun paling menarik, dan perlu kamu coba yah.

Berada di Jalan Sudirman, No 15, Bandar Lampung. Pempek yang disediakan antara lain seperti pempek lenggang, pempek lenjer, pempek kapal selam dan masih ada lagi jenis lainnya. Bisa pun anda temukan kerupuk kemplang loh.

Harga makanan yang ada berkisar mulai harga Rp 4.000

5. Alas Cobek

Orang Sumatera umumnya sangat hobi dengan makanan yang pedas. Di Lampung sendiri, ada salah satu tempat kuliner yang menyuguhkan makanan dengan paduan sekian tidak sedikit sambal yang disediakan.

Namanya merupakan Alas Cobek, tempat kuliner ini sangat di cocok buat kamu yang hobi makan sambal. Sambal yang berpadu dengan nasi hangat dan lauk pauk laksana sekian tidak sedikit olahan ikan, bebek dan juga burung puyuh, paling dapat membuat kamu ketagihan.

Sambal yang disediakan seperti sambal ijo, sambal bawang dan sekian tidak sedikit olahan sambal lainnya. Letak wisata kuliner satu ini berada di Jalan Wolter Mongonsidi, No 66, Bandar Lampung.

Lauk kegemaran para pengunjung seringkali ialah burung puyuh. Yuk deh, jangan ragu buat nyoba makan di tempat ini.

6. Bumbu Desa

Di Lampung ada salah satu tempat makan yang cita rasa makanannya sangat tradisional, dengan bumbu khas desa yang dimasak oleh seluruh chef yang ahli. Tempat ini paling sesuai buat kamu yang gemar akan masakan khas desa.

Menu yang disediakan antara lain seperti tumisan, sayur, aneka macam sambal, pepes, dan masih tidak sedikit lagi makanan khas desa. Restoran Bumbu Desa ini juga sudah memiliki cabang di sebanyak negara diantaranya Malaysia dan Singapura.

Berada di jalan Teuku Umar, No.9 Kedaton, Bandar Lampung. Buka mulai jam 10:00 hingga jam 22:00 WIB, harga makanan berkisar mulai Rp 20.000/porsi.

7. Rumah Makan Kayu

Berada di jalan Arif Rahman Hakim, No.45, Way Halim, Bandar Lampung. Tempat wisata kuliner yang satu ini memiliki suasana yang sangat asri, tidak sedikit pepohonan yang ada disekitaran saung tempat seluruh pengunjung.

Hal tersebut menambah kenyamanan dan ketenangan untuk semua pengunjung tersebut. Rumah Kayu ini mempunyai sekian tidak sedikit masakan yang dijamin enak dan sehat. Karena makanan yang yang dibuat oleh seluruh chef berpengalaman, dengan bahan-bahan yang masih fresh.

Menu yang disediakan seperti pada umumnya masakanan nusantara, seperti yumis kangkung, toge dan sayuran lainnya. Dan lauknya seperti udang, cumi, ikan laut maupun tawar, dan masih tidak sedikit lainnya yang diolah dengan sekian tidak sedikit macam olahan.

Untuk kamu yang hobi makan dengan suasana yang sangat nyaman dan tenang, Rumah Makan Kayu ini sangat direkomended buat kamu.

8. Pondok Santap LG

Wisata kuliner yang satu ini memiliki makanan yang telah tidak sedikit orang kenal, yaitu olahan ayam bakarnya yang memiliki cita rasa sangat lezat.

Ayam bakarnya yang terasa lezat, pedas, dan gurih tersebut membuat para pengunjung ketagihan dan tidak ragu untuk kembali mampir ke Pondok Santap LG ini.

Tempat makan di desain dengan konsep lesehan, tematnya cukup luas, sehingga lebih membuat para pengunjung lebih nyaman saat menikmati hidangan makanan.

Letaknya berada di jalan Ir. Juanda, Pahoman, Bandar Lampung. Harga yang dipatok dimulai dari Rp 50.000/porsi. Jam buka dari pukul 10:00 hingga 22:00 WIB

9. Pindang Meranjat Riu

Pindang identik dengan olahan ikan yang berkuah dengan rasa yang pedas dan tidak tidak sedikit asam. Dan di Lampung ada salah satu rumah makan yang menghidangkan masakan jenis pindang yang menggunakan jenis ikan baung dan patin.

Rumah makan satu ini telah lumayan cukup dikenal oleh masyarakat Lampung. Dan cita rasanya yang dapat menciptakan semua pengunjung untuk kembali mampir ke lokasi tinggal santap ini untuk sekedar mencicipi olahan pindang yang tersedia.

Alamatnya berada di jalan Pramuka, Raja Basa, Bandar Lampung. Harga per porsi berkisar mulai Rp 20.000.

Tempat Makan Enak Bandar Lampung

10. Pindang Patin Lampung

Hampir setiap warung makan atau restoran yang menyajikan santapan yang lebih lezat selagi hangat ini tak pernah sepi pengunjung. Tengok saja Warung Makan Pindang Ria atau Pindang Pondok 12 di seputaran Pahoman, Bandar Lampung. Di tempat ini, hampir selalu dipenuhi pengunjung, terutama pada saat jam makan siang.

Selain itu, Pindang Dea di depan Pelabuhan ISAB Panjang, Pindang Nyak Rodia, samping Rumah Sakit Bumi Waras, dan Pindang Mak War, di depan Rumah Sakit Anugerah Medika, Enggal, yang juga selalu padat pengunjung. Bahkan, warung pindang yang berada di pinggir kota, misalnya Pindang Ika, di Hanura, juga selalu ramai.

Kebanyakan warung makan pindang ini menyajikan pindang dengan dua pilihan rasa, yakni kuah polos atau kuah tempoyak. Bagi penyuka tempoyak alias buah durian fermentasi ini, tentu saja memilih kuah yang dicampur dengan tempoyak, di samping bumbu lain.

Ada juga warung makan yang hanya menyajikan pindang dengan kuah polos, tapi melengkapinya dengan tempoyak. Jadi pengunjung mencampur sendiri tempoyak. Ada yang mencampurkannya ke dalam kuah pindang, ada pula yang mencampurkan dan mengaduknya ke sambal terasi.

Untuk sambal juga tersedia pilihan sesuai dengan selera. Selain sambal terasi, juga tersedia pilihan sambal nanas dan sambal mangga.

Sebagai pelengkap, tersedia lalapan lengkap, mulai dari daun singkong rebus, daun pepaya, pare rebus, timun, kacang panjang, jengkol, pete, dan kunyit putih.

Di Pindang Ika, yang terkenal dengan pindang kepala simba, menyajikan pindang dengan kepala ikan simba berukuran besar. Kuah pindang berwarna merah dan sedikit manis, ditambah taburan daun kemangi dan cabai rawit. Per porsi kepala ikan simba pindang berukuran besar ini ditawarkan seharga Rp80 ribu. Pindang Ika melengkapi sajiannya dengan sambal terung, ikan asin, dan jengkol cabai hijau.

Pindang Dea, di Panjang, mematok harga Rp30 ribu/porsi. Sudah termasuk nasi, lalap, dan bumbu. Di sini masyarakat bisa memilih pindang baung, simba, atau patin.

Tempat ini selalu ramai, bahkan pengunjung terpaksa mengantre untuk bisa menikmati racikan pindang buatan Lisa ini. Yuk Lisa, begitu biasa ia dipanggil, selalu kewalahan menghadap tamu yang datang. Keleluasaan tamu memakan aneka sambal dan lalap yang sudah termasuk dalam paket harga pindang ini, membuat banyak masyarakat memilih untuk makan siang di sini.

Biasanya pengunjung memilih pindang berdasar potongan bagian ikan yang disukai, misalnya kepala, buntut, atau badan.

Sedangkan pindang Mak War, juga memiliki kekhasan. Warung makan ini menyajikan pindang khas Meranjat Sumatera Selatan. Di mana kuah pindang terlihat berwarna cokelat dan sedikit lebih kental dengan rasa terasi yang cukup tajam.

Di Pindang Nyak Rodia, pemiliknya mengaku tidak memiliki resep khusus dalam mengolah pindangnya. “Resepnya standar, tapi bergantung cara memasaknya. Kalau saya, bumbunya ditumbuk kasar dan disajikan dengan daun kemangi untuk mengurangi bau amis ikan, cabai rawit bulat bagi penggemar kuah pedas, serta irisan nanas untuk menambah aroma asam manis.

Warung makan Pindang Nyak Rodia tidak hanya menyuguhkan pindang ikan, tapi juga tersedia pindang tulang iga, udang, ayam, dan cumi-cumi.

Selain pindang biasanya warung-warung makan pindang di Lampung ini juga melengkapi sajiannya dengan pepes baung, belida, dan simba polos atau dengan tempoyak. Ada pula ikan seluang goreng, udang, dan cumi goreng.

Lokasi Warung Pindang di seputaran Bandar Lampung
Pindang Mak War Jalan Tulangbawang No. 8, Enggal, Depan SMU Arjuna Bandar Lampung. Harga berkisar rp.12000an
Pindang Ria Jalan K.H. Ahmad Dahlan Pahoman, Bandar Lampung. Harga kisaran Rp.12500an
Pindang 12 Jalan Way Ngarip, Pahoman, Bandar Lampung. Harga kisaran Rp.18000an
Pindang Ika Jalan Raya Hanura, Kompleks Pasar Hanura, Pesawaran.Harga kisaran Rp.12500an
Pindang Nyak Rodia Jalan Wolter Monginsisi dekat kantor Gubernur, Bandar Lampung. Harga berkisar Rp.16000 Rp.18000an
Pindang Dea Jalan Yos Sudarso, Panjang, Bandar Lampung

11. RM Khang Mengan Jejama

Rumah makan yang satu ini berada di Lampung Barat, tepatnya di jalan Raden Intan, Way Mengaku, Liwa Lampung Barat, Lampung.

Resto satu ini tak asing dengan hidangan nya yang memiliki nama Gulai Taboh, atau dalam bahasa Indonesia nya Gulai santan. Bahan gulai nya berupa ikan air tawar.

Konon gulai yang sangat terkenal lezatnya ini hanya disuguhkan untuk seluruh raja-raja pada masanya.

Nah, sekarang siapapun bisa menikmatinya, jadi buat kamu yang sedang berkunjung di Lampung Barat, Liwa. Atau berkunjung di wisata Danau Ranau, boleh deh untuk menyicipi makanan yang satu ini.

12. Pecel Lele Bu Gendut

Di samping pindang, ada juga di Lampung olahan ikan tawar yang patut kamu coba, yaitu ikan lele. Rumah makan Pecel Lele Bu Gendut namanya.

Warung makan yang sudah dibuka pada tahun 90-an ini, sudah sangat dikenal oleh masyarakat Bandar Lampung khususnya. Dan memang rasa dari pecel lelenya yang memang sangat nikmat.

Harga yang dibandrol pun paling bersahabat, hanya Rp 15.000/porsi. Alamatnya berada di Jalan Ki Maja, Way Halim, Bandar Lampung.

13. Bebek Belur

Kalo kamu penikmat olahan bebek, di Lampung ada satu tempat kuliner yang unik nih dari namanya, “Bebek Belur”. Dari namanya terkesan sadis yah.

Tapi, emang beneran sadis kok, rasanya yang sangat sadis. Makanya, untuk semua pengunjung yang sudah sempat hadir ke resto ini, pasti tidak sedikit sekali bakal kembali mengunjungi resto ini.

Harga yang yang di bandrol pun cukup bersahabat, hanya Rp 18.000/porsi. Resto ini terletak di jalan Z.A Pagar Alam (depan Pempek Tenda Biru), Bandar Lampung.

Buka pukul 09:00 sampai 21:00 WIB

14. Jumbo Kakap Seafood Resto

Terletak di jalan Ikan Kakap, No. 45, Teluk Betung, Bandar Lampung. Resto yang satu ini tak asing dengan makanan yang sangat fresh, sebab mengubah bahan yang juga masih sangat segar berupa ikan.

Bukan hanya ikan laut, namun pun mengubah ikan tawar. Pengunjung disini dapat merasakan sekian tidak sedikit olahan ikan yang masih segar. Selain menyediakan olahan makanan yang lezat, tempat yang disediakan di resto ini pun cukup nyaman.

Tempatnya yang nyaman dan bersih membuat para pengunjung senantiasa kembali menikmati hidangan yang ada di tempat ini.

15. Sentra Keripik Lampung

Jika kamu seorang pengunjung di Lampung, khususnya Kota Bandar Lampung. Ada baiknya sebelum kembali ke tempat asal, untuk berkunjung ke lokasi Sentra Keripik Lampung.

Berada di Jalan Pagar Alam, atau tidak sedikit sekali orang menyebutnya dengan Gang P.U. Keripik yang bakal tidak sedikit didatangi lazimnya berupa bahan dasar pisang. Yang diberi sekian tidak sedikit macam rasa.

Di samping itu, terdapat pun opsi oleh -oleh lainnya seperti keripik singkong, kerupuk kemplang, dan masih tidak sedikit lainnya.

Gak perlu bingung guna saya dan kamu bisa mendatangi semua penjaja keripik tersebut, karena outlet – outlet yang berada tepat di pinggir jalan utama dan sepanjang jalan.

16. RM Gudeg Jawa

Resto yang satu ini memang cocok buat kamu yang rindu akan makanan khasnya orang Jawa, yup Gudeg. Jadi buat kamu yang memang hobi makan Gudeg, gak perlu jauh-jauh ke Yogya.

Cita rasa Gudeg yang manis dan gurih, memang sangat membuat orang tidak sedikit yang rindu dengan makanan yang satu ini.

Lokasi warung makan ini berada di jalam Putri Balau Gang Mangga, Kedamaian, Bandar Lampung. Namun bila kamu gak mau repot jauh-jauh datang kesini, terdapat pun jasa antar dengan menghubungi nomor 0852-7962-5885/0721-259-153.

17. Ayam Penyet Hang Dihi

Ayam penyet dengan rasa yang sangat lezat namun harga masih bersahabat dengan kantong, barangkali urusan tersebut yang membuat ramai salah satu tempat kuliner yang satu ini.

Antrean pembeli yang terlihat dari tidak sedikit nya kendaraan yang terparkir di depan Rumah Makan Hang Dihi, menciptakan pesona sendiri untuk semua masyarakat Lampung yang belum tahu akan wisata kuliner yang satu ini.

Jika anda kegemaran dengan makanan yang berbahan daging ayam, mungkin Ayam Penyet Hang Dihi dapat anda coba. Lokasinya yang strategis berada di Jalan Z.A Pagar Alam. Lokasi yang strategis tersebut, mempermudah seluruh konsumen yang baru pertama kali berkeinginan mencoba makanan yang lezat ini.

18. Ayam Bakar Pak Bejo

Makanan dengan bahan dasar daging ayam memang sangat lekat oleh wisata kuliner yang ada di Lampung, mulai dari ayam penyet, ayam bakar, dan olahan ayam lainnya.

Hal tersebut yang membuat persaingan usaha di bidang kuliner berbahan dasar daging ayam di Bandar Lampung lumayan ketat.

Cita rasa yang nikmat dan lezat, harus jadi modal dasar bila berkeinginan usaha kulinernya bisa bertahan lama. Salah satu nya adalahAyam Bakar Bejo.

Berada di Jalan Z.A Pagar Alam dan cabang lainnya di Jalan Cut Nyak Dien, Bandar Lampung.

Memiliki cita rasa yang sudah akrab di lidah masyarakat Lampung khususnya. Jadi buat kamu yang lagi berkunjung di Lampung, jangan segan untuk berkunjung ke warung makan ini.

19. Bakso Mas Yon

Bakso memang telah paling sesuai di lidah masyarakat kita, dan khususnya di Bandar Lampung.

Bukan hanya Bakso Sony yang tak asing di Bandar lampung, namun ada satu lagi warung bakso yang menyediakan bakso dengan cita rasa yang nikmat.

Olahan daging sapi yang dijadikan bakso yang gurih dan kenyal, menjadi salah satu ciri khas bakso yang ada di Warung Mas Yon ini.

Lokasinya pun lumayan strategis, berada di jalur dua utama Universitas Lampung, dan memiliki cabang di samping Umitra Bandar Lampung.

Rasa bakso yang lezat dengan harga yang sangat bersahabat, menjadikan seluruh mahasiswa sebagai pelanggan setia warung bakso satu ini.

20. Ikan Bakar Gembul

Berada di jalan Sultan Agung, Way Halim, Bandar Lampung. Rumah makan yang satu ini, dijadikan sebagai salah satu wisata kuliner yang digemari oleh masyarakat Lampung.

Apalagi buat kamu yang hobi dengan kuliner berbahan dasar ikan.

Namun yang menjadi menu utama kebanyakn orang adalahikan bakarnya, dan menu pilihan lainnya ada Kepiting asam amnis, Cumi gembul saos padang, dan masih tidak sedikit lagi olahan ikan lainnya.

21. Bebek Goreng Haji Slamet

Nah yang ini paling sesuai buat kamu yang gemar dengan makanan berbahan dasar bebek. Yah, ada di warung makan bebek goreng Haji Slamet.

Lokasinya berada di Jalan Z.A Pagar Alam, No.59, Kedaton, Bandar Lampung.

Olahan bebek disini memang sama seperti pada umumnya, dengan kiat di goreng maupun di bakar. Namun yang mencari daya tariknya ialah, perpaduan olahan daging dengan sambal korek khas Kartosuro.

Hal tersebut, membuat para pengunjung ketagihan dan gak segan untuk kembali mampir ke lokasi tinggal santap Haji Slamet.

Artikel Lain :
8 Makanan Khas Bukittinggi Yang Patut Dicoba
10 Tempat Makan Enak Di Binjai Sumatera Utara
23 Makanan Khas Bengkulu
15 Objek Wisata Kuliner Bangka Belitung
12 Wisata Kuliner Aceh Paling Hits

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *