10 Rekomendasi Kuliner Jogjakarta

10 Rekomendasi Kuliner Jogjakarta

7 Berita Menarik 7 Fakta Menarik 7 Hal Terbaik Dunia 7 Hal Terbaik Indonesia Artikel Menarik Artikel Unik https://7terbaik.com/ On The Spot Trans7

Siapa yang bisa menampik pesona Rekomendasi Kuliner Jogjakarta? Kota yang tetap mempertahankan kelaziman Jawa di tengah modernitas dunia ini sering kali memiliki tempat istimewa di hati seluruh wisatawannya. Bagi yang sudah pernah mengunjungi Kota Sang Sultan ini, tentunya tetap memiliki harapan bisa berkunjung kembali.

10 Rekomendasi Kuliner Jogjakarta

Sadar akan potensi yang dimilikinya, Yogyakarta semakin mempercantik kotanya dengan terus menambah jumlah tempat wisata. Tak hanya tempat wisata alam dan budayanya, Yogyakarta pun dapat unik perhatian dengan kulinernya.

Agar tak bingung mencari tempat istimewa untuk Rekomendasi Kuliner Jogjakarta, berikut 10 tempat wisata kuliner di Jogja yang akan membuat Anda berkeinginan kembali lagi dan lagi ke kota ini:

1. Angkringan Lik Man

Angkringan bukanlah istilah asing di Kota Pelajar ini. Angkringan tak hanya menjadi tempat kuliner rakyat yang murah meriah, tetapi pun menjadi sebuah budaya. Di angkringan, masyarakat bisa berkumpul dan membual tentang apa saja, mulai dari sepak bola sampai berita politik terhangat. Angkringan dapat dengan mudah Anda temui di Yogyakarta, namun ada satu angringan yang istimewa yaitu Angkringan Lik Man.

Apa istimewanya Angkringan Lik Man? Angkringan Lik Man merupakanangkringan pertama di Yogyakarta sejak tahun 1969. Menu yang disajikan pun sama dengan angkringan pada umumnya seperti sego (nasi) kucing, sate telur puyuh dan aneka gorengan. Tapi ada yang satu sajian yang berbeda, yaitu Kopi Joss.

Kopi Joss merupakanmenu andalan di tempat wisata kuliner ini. Cara penyajian kopi ini sangat unik karena kopi akan dicampur dengan arang yang masih merah membara. Bunyi ‘jooossss’ yang ditimbulkannya inilah yang membuatnya disebut dengan Kopi Joss. Kopi Joss memiliki rasa unik yang khas dan tak dimiliki kopi lainnya. Konon, arang yang dicelupkan ke dalam kopi akan menetralisir kafein sehingga kopi ini aman untuk pencernaan Anda.

Angkringan Lik Man merupakansalah satu tempat wisata kuliner terbaik untuk menikmati Yogyakarta di malam hari. Hanya dengan merogoh kocek sebesar 10.000 – 15.000 Rupiah saja, kita telah dapat merasakan Kopi Joss dan nasi kucing dilengkapi dengan lauk sederhana yang tak kalah nikmat.

Alamat: Kawasan Stasiun Tugu, Yogyakarta

Jam buka: 18:00 – habis.

2. Gudeg Pawon

Membicarakan kuliner Yogyakarta, tak lengkap rasanya bila tak menyebut gudeg. Gudeg sudah menjadi kuliner harus coba bila Anda berkunjung ke Yogyakarta. Kuliner yang terbuat dari daging nangka muda ini banyak ditemui di lokasi santap di seluruh pelosok Yogyakarta. Jika berkeinginan menyantap gudeg di tempat yang berbeda, datang saja ke Gudeg Pawon.

Gudeg Pawon merupakansalah satu tempat wisata kuliner istimewa di Yogyakarta. Tempat makan yang sudah berdiri sejak tahun 1958 ini melayani pelanggannya langsung dari dapur atau pawon dalam bahasa Jawa. kita dapat menyaksikan tungku sederhana yang digunakan untuk memasak gudeg ini. Meskipun tempatnya sederhana, namun kesukaan gudeg di sini mustahil diremehkan.

Gudeg Pawon bisa menjadi pilihan tepat guna Anda yang suka menggarap wisata kuliner di malam hari. Menikmati nasi gudeg ditambah ayam dan segelas teh manis hangat akan menjadi sajian istimewa di tengah dinginnya Yogyakarta di malam hari. Sebaiknya anda datang sebelum jam buka karena setiap harinya, Gudeg Pawon sering kali banjir antrean pembeli.

Alamat: Jalan Dr. Soepomo, Umbulharjo, Yogyakarta.

Jam buka: 22:30 – habis.

3. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi goreng memang bisa Anda temui dengan mudah di mana pun, namun tak ada salahnya mencicipi nasi goreng istimewa di Yogyakarta ini. Tempat wisata kuliner ini telah berdiri sejak tahun 1960 dan sampai sekarang, rasa nasi gorengnya tak berubah karena tetap menggunakan resep lawas yang masih terjaga.

Di sini, Anda dapat memesan nasi goreng ayam atau nasi goreng babi. Meskipun ramai pembeli, namun Anda tak perlu menunggu lama sampai pesanan anda siap. Hal ini diakibatkan nasi goreng telah dimasak dalam jumlah besar, namun tetap disajikan dalam keadaan hangat dan nikmat. Di samping nasi goreng, menu lain yang bisa Anda coba merupakan bihun goreng, bakmi goreng dan babi kecap.

Di samping itu, porsi yang disediakan juga terbilang berbeda. Jika merasa belum kenyang menyantap satu porsi nasi goreng, Anda dapat memesan porsi dengan ukuran 1,5 atau 2 yang disajikan dalam satu piring.

Alamat: jalan Pabringan 1, Yogyakarta

Jam buka: 19:00 – habis.

4. Sate Klathak Pak Pong

Tempat wisata kuliner yang satu ini cocok sekali untuk Anda penggemar sate kambing. Sate Klathak Pak Pong menyajikan sate spesial yang tak akan Anda temukan di tempat lain. Sate ini memiliki rasa yang khas dan nikmat. Hal ini didapat dari bumbu sederhana yang digunakannya. Sate Klathak hanya menggunakan garam, merica dan kecap. Tiga bahan minimalis inilah yang membuat sate memiliki rasa yang khas.

Di samping bumbu, perlengkapan yang digunakan memasak pun berbeda. Jika biasanya daging dibakar dengan menggunakan tusuk sate yang terbuat dari bambu, Pak Pong menggunakan jeruji besi sepeda. Konon, pemakaian jeruji besi ini dapat menciptakan daging matang merata. Di samping itu, hal ini juga terbukti ramah lingkungan karena jeruji besi dapat digunakan berkali-kali, tak seperti tusuk sate dari bambu yang hanya sekali pakai.

Alamat: Jalan Imogiri Bantul, Yogyakarta

5. House of Raminten

Tempat wisata kuliner ini menjadi bukti bahwa menu tradisional bisa disajikan dengan kiat yang elegan dan berkelas. House of Raminten merupakansebuah lokasi tinggal santap yang menyajikan menu tradisional Yogyakarta seperti tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit dan nasi kucing.

Arsitektur lokasi tinggal santap ini terbilang luar biasa. kita dapat mengejar suatu kereta kuda di luar tempat tinggal makan, sedangkan di dalamnya kita dapat menyaksikan ruangan berarsitektur Jawa dengan wangi dupa khas. Seakan belum lengkap, anda akan makan diiringi dengan gending Jawa yang terus mengalun di lokasi tinggal santap ini.

Di samping arsitektur dan menunya, pelayan di sini pun menggunakan pakaian khas yang berupa kemben Jawa. Di meja, terdapat sebuah kentongan yang digunakan untuk memanggil pelayan bila Anda membutuhkan sesuatu.

Alamat: Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta

Jam buka: 24 jam

Pesona Kuliner Kota Jogjakarta

6. Oseng Mercon Bu Narti

Kuliner ini bisa kamu dapatkan di daerah Kauman. Jika kamu pecinta makanan pedas, Oseng Mercon Bu Narti ini cocok dilidahmu. Isi dalam oseng mercon ini terbilang cukup sederhana, karena hanya terdiri dari kikil, gajih, serta tulang muda. Siap-siap saja ya, ketika kamu mencoba oseng mercon bu Narti ini lidah kalian terasa kebakar, pedasnya gila. Kuliner ini hanya dibandrol Rp 15.000 saja.

7. Soto Sampah

Kuliner ini terdapat di utara Tugu Jogja, tepatnya di pasar Kranggan. Soto satu ini sudah cukup terkenal, selain namanya yang unik, kuliner ini juga memiliki cita rasa yang nikmat banget. Kebanyakan yang datang berkunjung ke Soto Sampah adalah anak muda. Soto Sampah ini buka dari jam 7 pagi hingga 3 pagi, cukup lama bukan? Nah yang menariknya lagi adalah harganya yang super duper murah, cuma Rp 5.000 saja, gimana? murah banget kan?

8. Nasi Rames Demangan

Kalau kamu berencana ke Jogja dengan budget pas-pasan, kamu harus bisa memilih tempat makan yang murah meriah. Pada dasarnya Jogja memang dikenal murah, namun jika kamu mau mencari-cari tempat yang lebih murah di Jogja ada kok. Salah satunya Nadi Rames Demangan ini. Makanan ini terletak dipinggi jalan. Di sini kamu bisa menikmati deretan sayur bercita rasa pedas dan lauk untuk tambahannya. Harganya cukup murah lho, cuma Rp 7.500 saja, murah dan mengeyangkan.

9. Soto Ayam Kampung Pak Dalbe

Soto memang menjadi ciri khas dari setiap daerah dan itu memiliki bentuk dan cita rasa yang berbeda pula. Sama halnya dengan Jogja, sotonya juga memiliki ciri khas tersendiri. Soto biasanya paling enak di santap pada pagi hari, bahkan mejelang siangpun masih ada yang ingin menikmati kesegarannya.

Soto Ayam Kampung Pak Dalbe, mengandalkan kaldu soto jernih, dengan cita rasa gurih manis. Harganya juga terbilang cukup murah, hanya Rp 10.000 saja kamu sudah bisa menikmati kesegaran soto pak Dalbe.

10. Manggar Manding

Jika gudeg umumnya terbuat dari daging nangka muda, hal berbeda bisa anda temukan di Manggar Manding. Gudeg di sini terbuat dari manggar atau bunga kelapa yang masih muda. Konon, gudeg manggar ini merupakanmenu istimewa di kerajaan dahulu yang biasa disajikan dengan sayur krecek dan tempe bacem. Jadi, bila Anda mencicipi gudeg manggar, berarti anda telah menikmati sajian istimewa kerajaan.

Konon, manggar memiliki khasiat yang sangat bagus sebab dapat memancarkan kecantikan penikmatnya dari dalam. Tak mengherankan bila gudeg manggar menjadi menu kesayangan semua puteri kerajaan dahulu kala.

Alamat: Jalan Parangtritis KM 11,5, Manding, Bantul, Yogyakarta.

Artikel Kuliner Lainnya :
12 Tempat Wisata Kuliner Salatiga Mantul
9 Wisata Kuliner Purwokerto Terfavorit
10 Makanan Khas Ponorogo Asli
14 Makanan Khas Kota Pemalang
7 Makanan Favorit Kota Lamongan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *