12 Makan Jambi Yang Paling Difavoritkan

12 Makan Jambi Yang Paling Difavoritkan

7 Berita Menarik 7 Fakta Menarik 7 Hal Terbaik Dunia 7 Hal Terbaik Indonesia Artikel Menarik Artikel Unik https://7terbaik.com/ On The Spot Trans7

Siapa yang tak kenal dengan Wisata Kuliner Jambi sebuah wilayah yang dijuliki “MUTIARA YANG TERSEMBUNYI DI JANTUNG SUMATRA” adalah nama dari ibu kota Provinsi Kota Jambi yang terletak di Sumatra dan mempunyai luas distrik sekitar 205,38 km² dengan penduduknya berjumlah 750.857 jiwa. Untuk sobat yang telah pernah ke Kota Jambi atau sobat anak rantau dari Kota Jambi tentunya pernah merasakan keanehan wisata khususnya dalam urusan kuliner.

12 Makan Jambi Yang Paling Difavoritkan

Wisata Kuliner Jambi familiar akan enaknya, dan yang tentu selalu buat rindu bakal ramahnya kota ini. Nah makanan apa sajakah itu? Pasti 7terbaik penasaran, ok langsung saja Berikut susunan dan penjelasanya.

1. Tempoyak, Khas Jambi

Sobat tahukan buah durian?, ya buah yang pada lazimnya dijadikan es durian yang segar atau dijadikan pancake yang paling nikmat laksana yang tidak sedikit ditemukan di Medan. Namun, di Kota Jambi buah durian diubah menjadi lauk yang dapat disantap bareng nasi putih.

Ya, Tempoyak ialah hidangan khas kota jambi yang tercipta dari buah durian hasil fermentasi, seringkali dicampur dengan ikan segar dari Sungai Batanghari. Akan tetapi, tempoyak juga dapat dihidangkan tanpa ikan. Rasa tempoyak memang tidak banyak asam dan wewangian durianya cukup pekat sampai-sampai terkadang orang bila makan memblokir hidungnya.

2. Kue Srikaya Pandan, Khas Jambi

Salah satu kue legendaris Jambi ialah kue srikaya yang memiliki wewangian khas dan warna hijau lumut. Kue ini tercipta dari gabungan tape dan santan, pewarnaanya memakai daun pandan. Tak heran kue ini mempunyai bau yang harum dan menggugah selera sobat sekalian.

Wah kayaknya terdapat yang ganjal, kemudian dimana ya, buah srikayanya? sobat tentu bingung sebab dari bahan yang saya sebutkan tadi tak menyematkan sedikitpun tentang buah srikaya. Ternyata nama srikaya tersebut hanyalah sebatas nama, tak berbeda seperti selai srikaya yang melulu menggunakan nama.

Biar juga begitu kue ini rasanya tetap lezat dan nikmat diperbanyak aromanya yang khas siap guna memberikan kesenangan tersendiri untuk penikmatnya, sobat mesti coba deh kue srikaya ini ketika mampir di Kota Jambi.

3. Gulai Tepek Ikan, Khas Jambi

Tempoyak dan Kue Srikaya sangat gampang ditemukan di Kota Jambi namun bertolak belakang dengan makanan khas Jambi yang sakral ini. Loh mengapa Gulai Tepek Ikan ini sakral? tentu sahabat penasaran, ternyata sebab makanan ini hanya dapat didapatkan ketika momen-momen sakral saja laksana halnya ketika pernikahan, kenduri dan acara adat lainya.

Gulai Tepek Ikan ini bahan utamanya ialah ikan gabus yang kaya bakal protein dan gizinya. Sekilas tampilan Gulai Tepek Ikan ini nyaris sama dengan gulai ikan lainya, namun tetap saja makanan ini mempunyai rasa yang paling khas dan berbeda. Sobat kian penasaran?, langsung aja ya main ke Kota Jambi, pasti dapat merasakan makanan yang sakral ini.

4. Dodol Nanas, Khas Jambi

Buah nanas adalahkomoditi unggulan dari Provinsi Jambi. Bahkan disuatu wilayah yang sedang di Jambi sudah menjadi sentra perkebunan nanas yang lumayan besar. Karena nanas adalahbuah yang mudah didapatkan saat sedang di Jambi, dari situlah masyarakat Jambi mempunyai inisiatif untuk menciptakan makanan khas dari buah nanas.

Berkat gagasan masyarakat terlahirlah dodol nanas yang menjadi cemilan manis dan sesuai dihidangkan kapanpun. Jika hendak mencicipi makanan ini sobat bisa berangjangsana ke sentra perkebunan nanas yang sedang di Tangkit, Kabupaten Muarojambi. Di sana sobat dapat langsung menyaksikan perkebunan nanas yang lumayan besar serta melihat sekian banyak macam olahan dari buah nanas salah satunya dodol nanas.

5. Dodol Kentang Kerinci, Khas Jambi

Sobat pernah dengar gunung kerinci?, andai belum berarti sobat belum berpengalaman dalam bidang geografi, nggak nggak sob bercanda. Oke biar saya sampaikan Gunung Kerinci adalahgunung tertinggi di Sumatra yang letaknya di Jambi. Di kaki Gunung Kerinci ada perkebunan kentang yang paling luas dan mempunyai kualitas yang baik.

Sama halnya dengan dodol nanas, dodol dari kentang ini pun lahir karena gagasan masyarakat yang tingal di wilayah Gunung Kerinci karena hendak memanfaatkan kentang menjadi lebih unik. Tapi sebelumnya sobat pernah nggak berfikir bahwa terdapat dodol yang tercipta dari kentang?, andai ada itupun sangat cuma sejumlah persen iya kan?.

Perbedaan dodol kentang dan dodol nanas khas jambi hanyalah dari varian rasanya, bila dodol nanas melulu mempunyai rasa original dari buah nanas tersebut sendiri, sementara dodol kentang mempunyai varian rasa, dari mulai gula merah, durian, stroberi, dan pun nanas. Gimana sobat penasaran bakal rasanya?, yang tentu rasanya enak banget dan sangat sesuai dijadikan buah tangan guna kerabat maupun relasi.

6. Gandus, Khas Jambi

Jambi mempunyai pelbagai jenis kue yang enak. Termasuk kue gandus yang populer. Mampir ke Jambi rasanya tidak menyeluruh tanpa mengupayakan kue ini, di antara kue yang familiar di Provinsi Jambi ialah gandus. Karena berdampingan dengan Sumatra Selatan sampai-sampai kue ini dikenal di dua tempat.

sobat pernah tahu talem ebi, yang warnanya putih laksana susu dan berbentuk bulat. Begitu pun gandus yang mempunyai tekstur kenyal serta halus, gandus tercipta dari gabungan tepung beras, sagu, garam dan santan. Adonan diberi bumbu halus dari bawang putih, bawang merah dan cabai.

Agar kian enak, gandus diberi ekstra topping. Berupa ebi sangrai, irisan cabai, daun seledri dan bawang goreng. Bisa juag menggunakan daging giling atau abon ikan. Rasanya gurih agak pedas dan mantap!. Yang pasti sesuai deh bikin sobat peminat kue gurih dan pedas, lagipula kue ini mudah diperoleh di jambi sebab citarasanya yang tak tergantikan. Saya jamin ketagihan sesudah sobat santap kue ini.

Makanan Khas Kota Jambi

7. Sup Tulang yang Gurih, Khas Jambi

Pernahkah sobat mencicipi sup iga? Jika pernah, maka sobat dapat membayangkan bagaimana rasa dari sup tulang khas jambi ini. Sup Tulang Sapi ini mempunyai rasa yang nyaris sama dengan sup iga. Hanya saja sup tulang kepunyaan Jambi ini mempunyai rasa tersendiri yang gurih dan unik.

Jika sobat membayangkan, apa yang inginkan dinikmati, kan hanya ada tulang dan sup saja?, tenang sobat, meskipun namanya sup tulang. Sobat tetap dapat mencicipi daging yang masih melekat pada tulang yang disajikan tersebut. Aroma kaldu sapi yang menggoda bakal langsung tercium saat sup tulang ini telah tersajikan. Apalagi ketika musim hujan, sup tulang menjadi menu makanan yang selalu dikejar oleh tidak sedikit orang.

8. Nasi Gemuk, Khas Jambi

Siapa yang kepingin gemuk?, jajaki angkat tangan. Cuman berkelakar ya sobat, di Kota Jambi ada makanan khas yang mempunyai nama agak mengherankan yaitu nasi gemuk. Coba deh bayangkan apa terdapat nasi yang gemuk?, apa efek setelah santap nasi itu kita dapat menjadi gemuk?, gak usah terlampau difikirin ya sobat entar justeru baper hehehe..

Nasi gemuk adalahnasi yang dikukus dengan santan kelapa. Jika Jawa mempunyai nasi uduk, maka Sumatra terutama Jambi mempunyai nasi gemuk. Tampilan nasi gemuk dan nasi uduk memang benar benar serupa. Nasi gemuk pun dapat dijadikan penyelesaian untuk mengganjal perut ketika pagi hari, sama dengan nasi uduk.

Nasi gemuk ini pun dikenal di Negara Malaysia dan Negara Singapura, melulu saja sebutanya bertolak belakang yaitu nasi lemak. Makanan khas yang lezat ini dapat kita jumpai diwarung-warung selama jambi harganya juga sangatlah bersahabat lumayan dengan merogoh kocek sebesar 4 ribu sampai 6 ribu rupiah, sobat dapat menikmati lezatnya nasi gemuk ini.

9. Daging Masak Hitam, Khas Jambi

Jika sobat seklian suka dengan daging, makanan khas Jambi yang satu ini sesuai buat sobat sekalian.

Daging masak itam adalaholahan daging sebagai lauk memakan nasi. Tampilanya serupa dengan semur betawi yang memiliki kuah hitam pekat dan rasa yang manis serta gurih menjadikan kelezatanya tak dapat dibayangkan melulu dengan angan-angan, sobat mesti coba langsung kelezatanya di Kota Jambi.

Dijamin deh, sobat tentu ketagihan sesudah mencobanya, sebab di samping rasanya yang lezat, tekstur daging yang begitu lembut pun menghiasi kesenangan dari daging masak itam ini. Ditambah pun resapan bumbu dan kecap manis yang pas sampai masuk kedalam daging menciptakan semakin lengkapnya kelezatan makanan ini.

10. Mie Celor, Khas Jambi

Jika sobat merasa janggal dengan namanya, maaf ya sobat memang ini nama dari makanan khas Jambi yang berbahan dasar mie. Saya yakin barangkali sobat berfikir “apa tersebut nggak salah ya penulisanya?” kok “Celor” nggak “Telor?”. Mie celor adalahmakanan khas Jambi yang tercipta dari adonan tepung terigu dan gabungan sayur, laksana halnya tauge dan sop.

Mie celor gampang ditemukan di sepanjang jalan yang terdapat di Jambi, laksana halnya mie ayam yang tidak jarang sobat temukan dijalan-jalan sekitar wilayah sobat. Memakan satu porsi saja dipastikan langsung kenyang, selain tersebut mampu meningkatkan stamina tubuh sebab kuahnya menyegakan.

Satu yang khas dari mie celor ialah aroma dari rempah yang paling kuat, dari situlah daya pikat terhadap mie celor bertambah. Mie celor selain familiar di wilayah Bengkulu, pun terkenal di wilayah Palembang dan Padang. Hanya saja mie celor khas Jambi kuahnya tidak terlampau kental layaknya mi celor palembang dan mie celor padang.

11. Rambutan Goreng, Khas Jambi

Buah apa yang tidak sedikit rambutnya, hayo? sobat sekalian tentu tak asing dengan buah yang satu ini!, ya betul sekali buah rambutan tentunya. Di samping rasanya yang manis buah rambutan gampang didapat di pasar-pasar terdekat.

Namun di Jambi buah pengolaan buah rambutan lebih berkembang, bagaimana barangkali rambutan yang seringkali kita santap langsung beserta airnya yang menyegarkan dijadikan camilan berupa gorengan dari buah rambutan.

Proses pengelolahanya tak berbeda seperti penciptaan nanas goreng. Yang dipungut hanya daging buah saja tanpa kulitnya. Sebelum digoreng daging rambutan dibiarkan sejumlah saat hingga benar benar kering, lantas baru diolesi bumbu spesial dan langsung digoreng.

Kira-kira bagaimana ya rasanya?, saya yakin ini barangkali jadi percobaan yang luar biasa untuk sahabat sekalian. apakah sobat semakin penasaran ?, kata beberapa orang Jambi sih, rasanya rambutan goreng serupa dengan buah kurma, hebatnya lagi makanan ini dapat bertahan hingga 6 bulan meskipun tanpa bahan pengawet.

12. Bakmi Pangsit, Khas Jambi

Dari sekian tidak sedikit jenis bakmi yang terdapat di Indonesia, barangkali jambi menjadi di antara yang pali terfavorit. Tekstur mie yang kenyal dan isian daging yang tidak sedikit bisa menjadi nilai tersendiri untuk penikmat bakmi. Bagi masalah kehalalan bakmi jambi memang tidak semuanya mendapat lisensi halal. Tapi bagi kamu yang memakan B2 barangkali ini dapat menjadi tujuan wisata kuliner kamu pada ketika berada di Kota Jambi.

Nah tersebut tadi sekian banyak macam makanan khas Jambi yang mesti untuk di usahakan oleh kawan sekalian, jadi tunggu lagipula jika sobat sekalian sedang di Kota Jambi langsung saja mulai menyantap 11 macam makanan super khas Jambi dari saya, semoga bermanfaat untuk sobat sekalian. Terima kasih.

Artikel Lain :
15 Wisata Kuliner Batam Paling Recommended
21 Pusat Wisata Kuliner Kota Lampung
8 Makanan Khas Bukittinggi Yang Patut Dicoba
10 Tempat Makan Enak Di Binjai Sumatera Utara
23 Makanan Khas Bengkulu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *