14 Kuliner Khas Singapura Mantap

14 Kuliner Khas Singapura Mantap

7 Berita Menarik 7 Fakta Menarik 7 Hal Terbaik Dunia 7 Hal Terbaik Indonesia Artikel Menarik Artikel Unik https://7terbaik.com/ On The Spot Trans7

Begitu tanya untuk warga lokal Singapore Kuliner Khas Singapura, banyak sekali orang membalas “Singapore Chili Crab!”

14 Kuliner Khas Singapura Mantap

Sayangnya makanan laut ini agak mahal, makannya ribet dan tidak seluruh orang suka pedas. Tapi boleh loh bila mau mencoba, sebab memang bumbunya khas. Nah, di samping Singapore Chili Crab pastinya ada banyak makanan beda yang dapat dicoba bila jalan-jalan ke Singapore. Berikut ini 14 Kuliner Khas Singapore yang kami telah coba:

1. Chicken Rice

Sepertinya makanan ini paling banyak ditemukan di semua penjuru hawker centre di Singapore. Menunya sederhana, banyak sekali berupa nasi hainam (nasi yang dimasak memakai kaldu ayam) dan guna toppingnya ada sejumlah pilihan. Kebanyakan memakai ayam rebus yang dipotong-potong, namun ada pun yang memakai roasted chicken. Kemudian diguyur sedikit saus dan disajikan pun sambal, kecap dan cocolan jahe secara terpisah. Salah satu Chicken Rice yang familiar di Singapore: Tian Tian Chicken Rice di Maxwell Food Centre di lokasi Chinatown.

2. Laksa

Laksa memang tersebar di Asia Tenggara terutama di Malaysia, Singapore dan Indonesia. Tapi tiap wilayah ada keunikannya masing-masing. Di Singapore ini yang terkenal ialah Laksa Katong yang katanya adalahkombinasi laksa Peranakan dan lokal di wilayah Katong. Pada dasarnya laksa yang dimaksud di sini merupakan kelompok curry laksa yang seringkali terbuat dari sup berbahan dasar santan dan dipadukan dengan sekian banyak bumbu tradisional. Rasanya pedas, tapi untuk penyuka pedas seringkali masih dapat ditambah sambal lagi. Laksa banyak dijual di hawker centre ataupun yang kami pernah coba pun di Killiney Kopitiam.

3. Roti Prata

Makanan yang berasal dari India ini menjadi penyelamat di masing-masing waktu. Roti prata sesuai dimakan kapanpun baik sebagai menu sarapan ataupun malam-malam ketika lapar karena seringkali kedai-kedai yang menyajikan makanan India simpel seperti ini buka 24 jam. Roti prata sebenarnya paling sederhana, tercipta dari tepung yang diolesi banyak minyak (ghee). Yang membedakan seringkali teksturnya. Kami suka roti prata yang crispy di luar tetapi masih dapat ditarik laksana karet ketika disobek. Roti prata seringkali dipadukan dengan kuah kari (mutton curry, chicken curry, dll), tapi dapat juga digabungkan dengan yang isian manis laksana coklat, pisang, gula, dll.

4. Nasi Ponggol

Mampir ke Singapura gak akan afdol tanpa nyobain nasi lemak. Meski namanya Ponggol, tempatnya bukan di Ponggol kok, tetapi di Tanjong Katong Road. Soal rasa dapat diadu. Restoran ini tidak jarang kali mendapatkan review positif dari semua pengunjungnya. Buka sekitar 24 jam, dan cuti setiap Selasa. Makanan disini relatif murah dikomparasikan dengan makanan Singapura lainnya, recommended banget deh.

5. Bakut Teh

Bakut Teh ini makanan kesenangan almarhum ibu suamiku. Bakut sendiri dalam logat bahasa Cina dengan kata lain tulang iga alias ribs. Dalam konteks bakut ini yang dimaksud ialah tulang iga babi, jadinya termasuk makanan non-halal. Ada 2 jenis bakut teh yang terkenal, yang satu ala Malaysia, satu lagi ala Teochew. Di Singapore lebih banyak yang ala Teochew, yakni yang kuahnya jernih dan berisi banyak sekali lada. Saking banyaknya lada kami hingga tersedak saat mencium kuahnya. Tapi enak banget sih, buat hangat badan. Bakut Teh yang kami suka ialah Song Fa Bak Kut Teh yang sebetulnya sudah buka cabang di Jakarta. Tapi boleh lah bila ke Singapore mampir ke lokasi aslinya

6. Kway Teow

Mungkin bukan makanan mengherankan karena di Indonesia juga banyak kwetiau. Tapi memang Kway Teow ini dapat dibilang makanan yang cukup khas di Singapore….yah serupa nasi goreng di Indonesia lah. Kway Teow di Singapore banyak yang dibaur dengan seafood laksana kerang kecil. Kombinasinya sih nyaris sama, gunakan tauge, telur, daun bawang, udang dan seringkali warnanya lumayan gelap (banyak kecap manisnya).

Makanan Singapura Paling Diminati

7. Claypot Rice

Intinya ialah nasi yang dihanguskan pakai claypot (mangkok tanah liat). Ada banyak toppingnya, namun yang pernah kami santap yang di Malaysia Food Street di Resort World Sentosa, gunakan ayam, namun nasinya dibaur pakai chinese sausage (non-halal) dan diguyur kecap. Yang sangat enak dari claypot rice ialah pinggiran dan unsur bawahnya kering, jadinya seperti santap kerak nasi. Itu yang buat tekstur makanan jadi menarik, di samping rasanya yang gurih tentunya. Tapi untuk sebagian orang yang tidak cukup sabar (atau lagi lapar banget), agak repot santap claypot rice karena seringkali begitu dihidangkan paling panas dan belum dapat langsung dimakan.

8. Oyster Omellete

Berada di geylang lor 29 kerang omelette atau yang lebih dikenal dengan nama Oyster Omelette ini menjadi di antara tujuan kuliner kami di Singapura. Nikmatnya kerang disini memiliki karakteristik rasa tersendiri dengan paduan telur yang termasuk tidak amis pada ketika dimakan. Disini anda juga dapat makan bubur kodok diseberang jalan lokasi jualannya Oyster Omelette.

9. Briyani

Banyak ditemukan di restoran India, nasi Briyani pun menjadi unsur dari makanan khas Singapore sebab banyaknya warga keturunan India di Singapore. Warnanya laksana nasi kuning namun rasanya jauh lebih berempah sebab menggunakan banyak sekali rempah-rempah yang baik rasa maupun wanginya lumayan kuat. Bulir nasinya lebih panjang sebab menggunakan beras eksklusif jenis briyani. Nasi Briyani seringkali dikombinasikan dengan kari-karian laksana chicken curry ataupun mutton curry.

10. Fried Carrot Cake

Jangan salah paham dengan istilah carrot cake yang berupa cake manis berbahan wortel dengan lapisan cream di atasnya. Carrot cake yang satu ini ialah hidangan gurih yang berbahan kombinasi tepung beras dan sejenis lobak putih (yang tidak jarang disebut white carrot). Adonan di-steam kemudian dicukur kotak-kotak kecil, digoreng dengan diperbanyak telur. Hasilnya? Berdasarkan keterangan dari kami sih agak serupa kwetiae goreng! Haha… Fried Carrot Cake ini terdapat 2 jenis, black and white. Yang hitam digoreng gunakan kecap manis, sementara yang putih polos saja. Biasanya fried carrot cake ada banyak di food court ataupun hawker center.

11. Lor Mee

Kalau anda tahu yang namanya Lomie (di Bandung banyak sih), nah…Lor Mee ini memang agak serupa karakternya dengan Lomie. Mie kuning yang diguyur dengan kuah kental coklat yang kental banget sampai serupa lem. Kalau lomie di bandung seringkali pakai kangkung dan baso sapi, di Singapore toppingnya banyak, terdapat pangsit, ngohiang, fillet ikan goreng tepung, gorengan tepung yang buat tekstur crunchy, sliced bbq pork dan toge. Bagi kondimen dapat ditambah cuka, bawang putih, cabai & seledri.

12. Wantan Mee

Ini kesenangan kami berdua dan biasanya jadi opsi utama bila ada yang pun Wantan Mee. Wantan mee terdapat di Singapore, Malaysia ataupun Thailand. Penyebutannya ada pun yang bilang wonton. Intinya wantan/wonton tersebut pangsit rebus isi daging cincang(non-halal). Secara umum wantan mee terdiri dari mie kuning yang diaduk-aduk dengan kecap warna gelap. Kecapnya ini laksana perpaduan kecap asin dan kecap manis, jadi tidak terlampau kental dan manis, namun warnanya gelap laksana kecap manis. Toppingnya dapat berupa irisan bbq pork yang berwarna merah, samcan ataupun ayam rebus. Tidak tak sempat semangkuk kuah jernih untuk mendampingi pangsit rebusnya dan irisan cabe hijau yang telah diacar.

13. Uncle Ice Cream / $1 Ice Cream

Kalau yang satu ini sih kelihatannya sudah jadi ikon jajanan di pinggir jalan Singapore. Disebut Uncle Ice Cream sebab kebanyakan penjualnya uncle-uncle (sebutan guna paman/orang tua di Singapore), tapi sebetulnya tidak tidak jarang kali paman, ada pun auntie yang jualan ataupun ikut mendampingi uncle. Sebenarnya Uncle Ice Cream ini simpel saja, es potong yang disajikan gunakan roti tawar warna-warni atau dapat juga gunakan 2 keping wafer tipis — tergantung selera. Ada lumayan banyak pilihan rasanya, namun Susan sangat suka yang rasa Sweet Corn sebab di Indonesia jarang terdapat rasa itu. Harganya dari dulu berkisar $1, namun sekarang banyak yang telah naik jadi $1.20.

14. Melben Seafood

Last but not least, ini termasuk di antara makanan kesayangan kami ketika kami berangjangsana ke Singapura. Melben Seafood menyajikan kepting terbaik di kota Singapura. Kepiting dengan ukuran jumbo dapat dipesan disini, favorite kami ialah Crab with buttersauce. Rasa yang pas dipadukan mantou lembut menyerahkan rasa yang spektakuler !!!
Harganya memang paling mahal, namun harga yang anda bayar seimbang dengan rasa yang diberikan. Lokasinya sedang di tanjong pagar (bisa ditanyakan untuk taxi driver supaya lebih mudah)
NB : dianjurkan datang senja pukul 4 – 5 sore sebab antrian panjang andai datang diatas jam tsb

Sekian dulu rekomendasi kuliner khas Singapore yang mesti dicoba. Mungkin banyak yang bilang ini daftarnya mainstream, namun memang susunan ini bertujuan untuk memperkenalkan makanan Singapore terutama buat yang baru kesatu kali ke sana, biar ada cerminan dan bingung mau santap apa. Dari 14 kuliner di atas, mana yang sudah anda coba dan mana yang jadi kesayangan kamu?

Artikel Kuliner Lainnya :
10 Rekomendasi Kuliner Jogjakarta
12 Tempat Wisata Kuliner Salatiga Mantul
9 Wisata Kuliner Purwokerto Terfavorit
10 Makanan Khas Ponorogo Asli
14 Makanan Khas Kota Pemalang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *