25 Pusat Kuliner Di Jakarta

25 Pusat Kuliner Di Jakarta

7 Berita Menarik 7 Fakta Menarik 7 Hal Terbaik Dunia 7 Hal Terbaik Indonesia Artikel Menarik Artikel Unik https://7terbaik.com/ On The Spot Trans7

Bukan hanya bangunan dan monumen saja yang menjadi penanda dari Provinsi DKI Jakarta. Aneka Wisata Kuliner Jakarta lezat dan nikmat juga menjadi ciri khas dari Ibu Kota Negara Indonesia ini. Sebagai salah satu tempat dengan keberagaman yang tinggi, Jakarta menawarkan sekian tidak sedikit lokasi kuliner nikmat yang menyajikan makanan khas dari seluruh pelosok Indonesia. Beragam sajian kuliner tersebut di antaranya dapat ditemukan di 25 tempat kuliner Jakarta di bawah ini.

25 Pusat Kuliner Di Jakarta

1. Gado-gado Cemara

Alamat: JL. Tanah Abang V No. 36, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Gado-gado merupakansalah satu kuliner khas dari Kota Jakarta. Salah satu warung gado-gado favorit yang ada di Jakarta merupakan Gado-Gado Cemara yang ada di Tanah Abang. Tempat kuliner Jakarta yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1947 dan kini dikelola oleh generasi ketiga. Awalnya, warung gado-gado ini memang terletak di Jalan Cemara, namun kemudian pindah ke distrik Pasar Boplo lantas pindah lagi ke distrik Jalan Wahid Hasyim dan terakhir menetap di distrik Tanah Abang.

Rahasia kelezatan dari Gado-Gado Cemara ada pada bumbu kacangnya yang terasa gurih dan ringan. Bumbunya juga tidak terlalu kental sebab memakai kacang tanah sebagai bahan utama bumbunya dengan campuran sedikit kacang mete sebagai penguat rasa dan aroma. Kelezatan bumbu kacang tersebut dipadu dengan sayur-sayuran yang direbus dengan tingkat kematangan yang sesuai.

2. Soto Padang H. St. Mangkuto

Alamat: JL. Pintu Air Raya No. 26, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Dari dulu, kuliner khas minangkabau memang sudah terkenal kelezatannya. Proses memasaknya juga diketahui memiliki nilai-nilai filosofi tersendiri. Di samping rendang, sambal balado, dan gulai pakis, masakan minang yang juga tidak kalah nikmat merupakan soto. Orang-orang di luar masyarakat minang biasa menyebutnya dengan nama soto Padang.

Salah satu kedai soto Padang yang tak asing di Jakarta merupakan Soto Padang H. St. Mangkuto yang berada di Jalan Pintu Air Raya No. 26. Tempat kuliner Jakarta ini sudah berdiri sejak tahun 1966 dan saat ini telah dipegang oleh generasi ketiga. Meskipun pengelolanya sudah sampai tiga generasi, tetapi cita rasa soto yang disajikan tetap tidak berubah dari masa ke masa.

Soto padang yang ada di tempat kulier Jakarta ini biasanya disajikan dalam mangkok kecil yang bersisi sohun, irisan daging sapi yang digoreng kering, perkedal kentang, dan taburan daun bawang yang disiram dengan kuah bening yang segar. Jika rasanya masih tidak lumayan mantap, Anda bisa mencampurkan sambal ke dalam soto agar terasa lebih sedap.

3. Bubur Kwang Tung

Alamat: JL. Pecenongan No. 67I, Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat.

Daerah Pecenongan memang merupakansurga kuliner Jakarta. Terdapat lusinan restoran dengan aneka menu lezat yang siap untuk dicicipi. Apalagi bila malam tiba, kedai-kedai makanan kaki lima berjajar rapi di sepanjang lokasi wisata kuliner Jakarta ini. Salah satu tempat kuliner yang harus dikunjungi di distrik ini merupakan Bubur Kwang Tung.

Restoran ini menyajikan sekian tidak sedikit menu khas Hong Kong, laksana contohnya steamed seafood dan tentu saja bubur sebagai menu andalannya. Aneka olahan bubur ada di restoran ini, mulai dari bubur ayam biasa hingga bubur ikan kerapu khas Hong Kong. Porsi bubur yang disajikan terbilang besar sehingga mangkok bubur terlihat sangat penuh.

Menu hidangan laut yang terdapat pun paling direkomendasikan oleh seluruh penikmat kuliner yang pernah mampir ke tempat kuliner Jakarta ini. Tidak usah khawatir datang terlalu larut atau terlalu pagi karena Bubur Kwang Tung buka selama 24 jam setiap hari. Satu lagi, restoran ini juga sudah mengejar label halal.

4. Pondok Djaja

Alamat: JL. Hasyim Asyari No. 13B, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat.

Kenikmatan saat bersantap tidak hanya dipengaruhi oleh kelezatan makanan saja. Suasana dan atmosfir lokasi santap yang menggugah selera pun paling berpengaruh. Pondok Djaja misalnya, lokasi tinggal santap yang berada di lokasi Petojo Utara, Jakarta Pusat ini memiliki suasana klasik dan otentik. Pondok Djaja ini merupakanrumah makan Padang pertama yang ada di Jakarta. Tempat kuliner Jakarta ini sudah berdiri sejak tahun 1969.

Sebagai lokasi tinggal santap Padang pertama di Jakarta, Pondok Djaja menawarkan sajian menu dengan citarasa yang orisinal. Berdasarkan penjelasan dari pemiliknya, Sjoffian Chaedir yang saat ini sudah berusia 84 tahun, semua menu yang ada di tempatnya, dimasak oleh istrinya yang saat ini sudah berumur 85 tahun.

Bukan hanya resepnya saja yang sangat asli, kiat memasak yang dilakukan juga masih terbilang tradisional. Hal tersebut yang kemudian menjadi ciri khas dari lokasi tinggal santap familiar ini. Menu andalan yang sering kali laris diburu oleh pengunjung merupakan ayam goreng serundeng yang biasa dimakan dengan sambal goreng petai.

5. Huize Trivelli Heritage Resto & Patisserie

Alamat: JL. Ciujung No. 36, Gambir, Jakarta Pusat.

Konsep lokasi tinggal santap menarik dan unik pun dapat ditemui di distrik Jakarta. Salah satu restoran yang menawarkan konsep tersebut merupakan Huize Trivelli Heritage Resto & Patisserie. Nama restoran dengan nuansa konsep tempo dulu ini bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti Rumah Tanah Abang Dua. Huize merupakanbahasa Belanda dari tempat tinggal dan Trivelli merupakannama lain dari Jalan Tanah Abang Dua yang pada tahun 1939 memiliki nama Laan Trivelli.

Bukan hanya gaya bangunannya saja yang unik, menu-menu yang tersaji di restoran ini pun paling nikmat dan lezat. Menu makanan yang ada di Huize Trivelli dikenal dengan menu fusion food, yang merupakanperpaduan masakan Indonesia dan Belanda. Resep yang digunakan juga merupakanresep turun temurun warisan dari keluarga Huize Trivelli. Menu-menu yang ada di tempat kuliner Jakarta ini di antaranya merupakan Trivelli Insulinde pastel, Trivelli Risoles Chicken Ragout, Trivelli Tartar Biesftuk, dan Triveli Chicken Wiener.

6. Tahu Pong Semarang

Alamat: JL. Hayam Wuruk, Harmoni, Jakarta Pusat.

Tahu pong merupakan salah satu kuliner khas Kota Semarang yang sudah ada sejak tahun 1930-an. Kuliner ini merupakansatu dari banyaknya hidangan hasil perpaduan antara kelaziman peranakan dan kelaziman Jawa. Kata pong sendiri berasal dari kata kopong atau kosong. Irisan tahu kosong tersebut biasanya disajikan dengan gimbal (serupa dengan bakwan), tahu emplek yang merupakantahu yang lebih padat, dan telur. Irisan tahu pong dan bahan pelengkap lain biasa disantap dengan menggunakan kuah petis dengan rasa bumbu yang mantap.

Di Jakarta, kedai tahu pong yang cukup terkenal merupakan Kedai Tahu Pong Semarang & Ayam Goreng Kalasan yang berada di Jalan Hayam Wuruk. Meskipun hanya kedai kaki lima, tetapi tempat kuliner Jakarta ini sering kali ramai dipadati pengunjung setiap harinya. Tahu pong yang ada di kedai ini ditawarkan dalam sebanyak menu, laksana contohnya tahu pong saja, tahu pong gimbal, tahu pong emplek, tahu pong emplek gimbal, tahu pong telur, dan paket komplet.

7. Ketan Susu Kemayoran

Alamat: JL. Kemayoran Gempol No. 18, Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat (Perempatan JL. Garuda dan JL. Angkasa).

Ketan biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut. Makanan yang satu ini dapat pun dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Ada juga yang biasa memakannya dengan sambal kacang. Namun, berbeda dengan ketan yang disajikan di warung ketan susu bapak Sudarja yang berada di distrik Kemayoran, Jakarta Pusat. Di samping disajikan dengan parutan kelapa, ketan juga disajikan dengan susu kental manis.

Untuk teman makan, tersedia aneka gorengan, seperti tempe goreng dan pisang goreng. Perpaduan rasa gurih dari parutan kelapa dan manisnya susu kental manis akan membuat Anda langsung ketagihan. Ketan susu ini lebih nikmat disantap ketika masih hangat. Lebih nikmat lagi bila ditambah dengan teh poci khas Tegal yang pun terdapat di tempat wisata kuliner Jakarta yang buka selama 24 jam ini.

8. Ragusa Es Italia

Alamat: JL. Veteran 1 No. 10, Gambir, Jakarta Pusat.

Jakarta memang tidak sedikit memiliki legenda kuliner yang kelezatannya sudah terkenal hingga lintas generasi. Salah satu legenda kuliner Jakarta yang masih bertahan hingga hari ini merupakan Ragusa Es Italia. Kedai es krim khas Italia ini telah berdiri sejak tahun 1932. Setiap harinya, kedai ini pun tidak jarang kali dipadati pengunjung dari sekian tidak sedikit kalangan, terutama pada saat akhir pekan.

Menu favorit yang ada di Ragusa merupakan es krim spageti, es krim vanila yang dibentuk menyerupai spageti disajikan dengan taburan cokelat dan kacang. Rasanya manis dan segar, cocok dimakan pada saat cuaca sedang terik. Di samping es krim spageti, ada juga es krim durian, tutti frutti, banana split, cassata siciliana, dan lainnya.

Di depan kedai Ragusa, tidak sedikit berderet penjaja makanan-makanan tradisional lain, seperti sate, asinan, gado-gado, rujak, dan kue cubit. Jika tidak puas sebab melulu mencicipi es krim, Anda dapat memesan makanan-makanan lain tersebut.

9. Sate Tulang Eldorado

Alamat: JL. Boulevard Raya Kelapa Gading, Apt. Wisma Gading Permai, Jakarta Utara.

Berbeda dengan sate pada umumnya yang berupa potongan daging ayam atau kambing yang dibakar, di tempat kuliner Jakarta ini justeru tulanglah yang disate. Sate Tulang Eldorado merupakankedai kuliner khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kedai ini dibuka pertama kali pada tahun 1999 di distrik Kelapa Gading, tepatnya di pelataran parkir Apartemen Wisma Gading Permai.

Tulang yang digunakan sebagai bahan baku sate diambil dari bagian punggung ayam muda yang berusia sektiar satu bulan. Jadi, tidak perlu khawatir akan kesusahan untuk memakan sate unik yang satu ini. Sate kemudian disajikan dengan bumbu khusus yang berbeda dengan bumbu pada sate ayam atau sate kambing biasa. Bumbu yang digunakan rasanya serupa saus sambal botolan dengan rasa manis, asam, dan pedas. Di samping sate tulang, menu khas Banjarmasin beda pun terdapat di kedai ini, laksana contohnya ayam bumbu Banjar, gangan asam ikan patin, bandeng bakar, dan soto khas Banjar.

10. Bakmi Sakaw Kafe Dermaga

Alamat: JL. Pantai Mutiara, Penjaringan, Pluit, Jakarta Utara.

Bukan hanya narkoba saja yang membuat sakaw dan ketagihan, bakmi juga ternyata membuat penikmatnya menjadi sakaw dan hilang kontrol. Olahan bakmi khas dari Kafe Dermaga ini memang memiliki rasa pedas hingga dapat membuat yang memakannya menjadi sakaw. Namun, bila tidak berkeinginan sampai sakaw, Anda dapat memilih tingkat kepedasan sesuai selera.

Tekstur bakmi sakaw cukup kenyal dan porsinya lumayan besar. Kenikmatan bersantap di Kafe Dermaga ini semakin meningkat sebab pemadangan laut yang dapat dinikmati langsung dari dalam kafe. Suasanya yang nyaman seperti sedang berada di tempat tinggal sendiri pun menciptakan pengunjung betah berlama-lama menghabiskan wakti di tempat kuliner Jakarta ini. Menu lain yang dapat dinikmati di tempat wisata kuliner ini, di antaranya merupakan nasi goreng spesial dan es krim aneka rasa.

11. Soto Betawi Haji Amir 21

Alamat: JL. Danau Sunter Utara, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Masing-masing distrik di Indonesia memiliki soto khasnya sendiri yang tentunya menggunakan bahan dan bumbu yang berbeda. Jakarta sendiri pun memiliki soto khas yang dikenal dengan soto Betawi. Soto ini berisi potongan daging dan jeroan dengan kuah santan yang segar ditambah dengan potongan tomat dan emping sebagai bahan pelengkapnya.

Jika menginginkan cita rasa soto Betawi yang khas dan nikmat, anda dapat berkunjung ke Soto Betawi Haji Amir 21 yang berada di distrik Sunter, Jakarta Utara. Soto Betawi Haji Amir ini memang memiliki rasa yang mantap, terutama rasa dari kuah santannya yang terasa ringan dan gurih. Sebelum disajikan, daging pada soto digoreng terlebih dahulu agar terasa lebih empuk saat digigit. Satu porsi soto betawi di lokasi tinggal santap ini dihargai mulai dari Rp19.000 saja. Harga yang cukup murah untuk sebuah kelezatan yang tidak terkira.

12. Warmindo Abang Adek

Alamat: JL. Mandala Utara, Tomang, Grogol, Jakarta Barat.

Warmindo atau warung indomie memang tidak tidak banyak ditemukan di Jakarta. Warung ini biasanya memang menjual olahan mie instan sekian tidak sedikit rasa dari merek indomie. Di samping mie, ada pula roti panggang, pisang panggang, bubur ayam, bubur kacang hijau dan ketan hitam, serta aneka gorengan. Salah satu warmindo yang tak asing di Jakarta merupakan Warmindo Abang Adek yang dikenal karena menu indomie pedasnya.

Menu indomie pedas fenomenal yang ada di warung ini terbagi menjadi sebanyak tingkat kepedasan, laksana contohnya pedas sedang dengan 10 cabai, pedas dengan 30 cabai, garuk dengan 50 cabai, pedas gila dengan 75 cabai, dan pedas mampus dengan 100 cabai. Meskipun sangat pedas, tetapi justeru menu mampuslah yang sangat tidak tidak banyak dipesan di lokasi santap ini. Jangan heran bila tidak tidak banyak pengunjung yang berteriak-teriak kepedasan ketika sedang menyantap indomie pedas mampus khas warung Abang Adek ini.

Tersedia pun ragam topping mie yang bisa dipesan, laksana contohnya telur, kornet, hingga keju. Untuk menetralisir rasa pedas dari mie yang dimakan, Anda dapat memesan roti dan pisang panggang serta minuman dingin yang pun terdapat di warung ini.

13. Ikan Nila Goreng Pak Ono

Alamat: JL. Pesanggrahan Raya, Kembangan, Jakarta Barat.

Rumah makan Ikan Nila Goreng Pak Ono merupakantempat kuliner Jakarta favorit yang berada di lokasi Jakarta Barat. Lokasinya yang strategis, yaitu berada di Jalan Pesanggrahan Raya membuatnya sangat mudah diakses oleh seluruh pengunjung yang penasaran berkeinginan mencicipi kelezatan olahan ikan nila yang ada di lokasi tinggal santap tersebut.

Tempatnya yang luas membuat rumah makan ini terasa sangat nyaman. Menu tumpuan lokasi tinggal santap ini merupakan ikan nila goreng dan bakar. Agar terdengar lebih menarik, nama menu yang ada di sini juga dibuat unik, seperti ikan nila tempur nano-nano. Menu ini sebenarnya merupakan ikan nila goreng yang dibumbui dengan saus asam manis yang segar dan terasa khas lokasi tinggal santap Pak Ono. Menu lain yang bisa dipesan di tempat ini antara lain merupakan sayur asem, cah kangkung, dan ikan gurami goreng.

14. Sarang Oci

Alamat: JL. Panjang Arteri, Kelapa Dua, No. 99, Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

Bukan hanya rumah makan Pak Ono saja yang menawarkan sajian kuliner berupa ikan bakar dan ikan goreng. Restoran Sarang Oci yang berada di Jalan Panjang ini pun memiliki menu andalan berupa ikan bakar khas Manado. Di samping ikan bakar, tidak tidak banyak menu khas manado lainnya yang ditawarkan di restoran yang menunya rata-rata berbumbu rica dan pedas ini.

Jika berkesempatan untuk berkunjung ke tempat kuliner Jakarta yang satu ini, usahakanlah guna memesan menu ekor tenggiri bakar, cakalang woku hijau bakar, baronang bakar rica, dan tentu saja perkedel jagung khas Manado yang tidak boleh terlewatkan. Di samping itu, di sini pun terdapat pisang goreng Manado yang biasa dimakan dengan sambal.

Kelezatan ikan tenggiri di Sarang Oci memang tidak ada duanya. Porsinya cukup besar dan daging ikan tenggirinya juga tebal. Rasa pedas pada bumbunya semakin menambah kesukaan dari ekor tenggiri bakar. Makanan tersebut akan semakin lezat bila Anda menambahkan sambal rica-rica.

15. Bakmi Inti Lampung

Alamat: JL. Tanjung Duren Barat No. 12A, Grogol, Jakarta Barat.

Konon, tempat kuliner Jakarta ini memang sangat terkenal di distrik asalnya, yaitu Lampung. Di Jakarta sendiri, bakmi inti Lampung telah dibuka sejak tahun 1988. Kedai bakmi inti menempati sebuah ruko lama di Jalan Tanjung Duren Barat. Meskipun berada di ruko lama, tetapi kedai bakmi ini tidak pernah sepi pengunjung. Pada akhir pekan biasanya pengunjung kedai meningkat, hal ini sebab melulu pada waktu tersebut, ada menu mie lebar.

Pilihan menu bakmi yang ada di tempat ini terbilang standar, sama seperti kedai-kedai bakmi lainnya. Ada bakmi ayam pangsit rebus, bakmi ayam pangsit goreng dan bakmi ayam bakso. Namun, begitu bakmi tersaji di meja, selera makan Anda akan meningkat hanya dengan mencium aromanya saja. Mie yang digunakan tergolong kecil, tetapi kenyal dan tidak lembek. Kelezatan bakmi semakin terasa dengan adanya taburan daging ayam cincang yang ada di atasnya.

Perbedaan rasa yang menonjol dari bakmi inti ini ada pada rasa segarnya yang seperti berasal dari perasan jeruk. Di samping bakmi, ada pula nasi tim ayam yang dapat di pesan di kedai ini.

16. Warung Cirebonan

Alamat: JL. Raya Pesanggrahan No. 8E, Kembangan, Jakarta Barat.

Warga Cirebon tentunya sudah tidak asing lagi dengan nasi jamblang. Kuliner khas Kota Udang tersebut memang selalu membuat setiap orang ketagihan. Salah satu warung nasi jamblang yang tak asing di Cirebon merupakan Warung Nasi Jamblang Mang Dul. Bagi yang rindu dengan olahan nasi jamblang Mang Dul, kini bisa berkunjung ke Warung Cirebonan yang berada di distrik Pesanggrahan. Nasi jamblang yang ada di warung ini, katanya, langsung didatangkan dari warung Mang Dul yang ada di Cirebon.

Nasi jamblang sendiri merupakannasi yang dibungkus dengan daun jati dan dimakan dengan lauk-lauk pilihan, seperti perkedel, ikan asin, ayam, cumi, daging sapi, paru, dan lain-lain. Karena porsinya yang tidak terlalu banyak, biasanya pembeli memesan 2 hingga 3 buah nasi jamblang sekaligus agar perut kenyang.

17. Kopi Es Tak Kie

Alamat: JL. Pintu Besar Selatan III, Gg. Gloria No. 4-6, Glodok, Jakarta Barat.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Jakarta memang kaya akan kuliner orisinal dan melegenda. Di samping kedai makanan, di Jakarta juga ada kedai minuman yang melegenda dan bertahan dari generasi ke generasi. Tempat tersebut memiliki nama Kopi Es Tak Kie yang berada di lokasi Glodok. Bangunan kedai yang sudah berumur menunjukkan kesan tempo dulu yang sangat kuat. Meskipun tergolong kedai tempo dulu, tetapi yang berkunjung ke tempat ini bukan hanya orang tua saja, orang-orang muda pun terlihat sering terlihat santai mengobrol sambil menikmati kopi es yang menjadi menu andalan kedai ini.

Serbuan kedai kopi modern ternyata tidak menggoyahkan kemasyuran kedai Kopi Es Tak Kie. Terbukti, masih tidak tidak banyak pembeli yang berkunjung ke tempat nongkrong di Jakarta yang satu ini. Di samping kopi es, ada pula kopi susu di kedai ini. Cara meracik kopi di kedai ini sangatlah sederhana. Dari racikan yang sederhana inilah, rasa kopi yang segar, manis, dan wangi tercipta. Hidangan kopi di tempat ini bisa dibilang memiliki rasa yang sangat jujur karena diolah dengan teknik simpel tanpa campuran yang aneh.

Wisata Kuliner Paling Hits

18. Ayam Goreng Kalasan Ny. Winarsi

Alamat: JL. Raya Jatinegara Timur No. 29A, Jatinegara, Jakarta Timur.

Ayam goreng Kalasan merupakanayam goreng yang menggunakan racikan bumbu khusus yang berasal dari distrik Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Tidak sulit untuk memburu rumah makan atau restoran yang menyajikan menu Ayam Goreng Kalasan di Jakarta. Salah satunya merupakan rumah makan Ayam Goreng Kalasan Ny. Winarsi yang ada di distrik Jatinegara, Jakarta Timur.

Di lokasi tinggal santap ini, ayam yang digunakan adalahayam kampung asli sehingga menghasilkan daging ayam dengan rasa yang gurih dan manis. Daging ayam yang diolah sampai lunak pun meningkatkan nikmat ketika bersantap. Di samping ayam, ada juga nasi uduk dan soto betawi yang bisa dipesan untuk dimakan bersama dengan ayam Kalasan. Untuk minumannya, ada es cendol yang segar dan dapat melepas dahaga.

19. Rumah Makan Pagi Sore

Alamat: JL. Cipete Raya No. 2, Cipete, Cilandak, Jakarta Selatan.

Rumah Makan Pagi Sore, yang berada di lokasi Cipete ini merupakansalah satu lokasi tinggal santap Padang favorit yang ada di Jakarta. Rumah makan ini merupakancabang dari Rumah Makan Pagi Sore yang ada di Palembang. Di samping di Cipete, tempat kuliner Jakarta ini juga ada di distrik Rawamangun, Jakarta Timur.

Begitu duduk, pelayan akan dengan sigap mengisi meja makan dengan sekian tidak sedikit menu yang ada. Tenang saja, pelayan hanya akan menghitung menu yang kamu santap saja, tidak menghitung seluruh menu yang dikeluarkan. Menu yang wajib dicoba ketika berkunjung ke sini merupakan rendang dan ayam gorengnya yang pasti akan membuat Anda ketagihan.

20. Mbah Jingkrak

Alamat: JL. Setiabudi Tengah No. 11, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Mbah Jingkrak merupakanrestoran yang mengusung konsep Jawa. Bukan hanya masakannya saja, tetapi desain interior, properti, hingga seragam pelayannya semuanya dibandingkan dengan kelaziman Jawa. Restoran di Jakarta ini pun lumayan rindang karena dipenuhi dengan tidak tidak banyak pepohonan yang asri. Kenyamanan pengunjung, terutama anak-anak, juga semakin meningkat sebab di dalam restoran disediakan arena bermain anak.

Keunikan lain dari restoran Mbah Jingkrak ada pada makanannya. Makanan di sini memang merupakanmakanan-makanan khas Jawa, tetapi telah dimodifikasi ulang dan menghasilkan rasa baru yang tidak kalah lezat. Nama menu yang terdapat pun tersiar lumayan unik, seperti ayam grandong, ayam rambut setan, ayam wewe, dan teri buto ijo. Bagi Anda yang tidak suka pedas, hati-hati dalam memilih menu sebab banyak sekali menu di Mbah Jingkrak memiliki cita rasa yang cukup pedas.

21. Ikan Bakar Ujung Pandang

Alamat: JL. Gandaria I No. 5, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Di restoran yang berdiri sejak tahun 1979 ini, saya dan anda bisa merasakan hidangan laut sepuasnya. Restoran dengan jargon fresh seafood ini sering kali ramai pada malam hari. Jadi, harap bersabar bila harus menantikan lumayan lama untuk mendapatkan tempat duduk ketika berkunjung ke tempat kuliner Jakarta ini.

Menu yang ada di restoran ini di antaranya ikan kudu-kudu goreng tepung, ikan itang bakar rica-rica, udang pancet bakar, kerang dara rebus, dan menu hidangan laut lainnya. Di samping seafood, terdapat pun opsi sambal yang terdiri dari sambal mangga dan sambal terasi serta sambal khusus otak-otak.

22. Tuku Toko Kopi

Alamat: JL. Cipete Raya No. 7, Cipete, Jakarta Selatan.

Tuku merupakansalah satu kedai kopi yang sedang hits di Jakarta Selatan. Di kedai kecil ini, setiap harinya mengantre tidak tidak banyak orang yang berkeinginan menikmati kelezatan es kopi tetangga yang menjadi menu andalannya. Tidak jarang, seluruh driver ojek online pun tidak tidak banyak yang mengantre di tempat ini, terutama pada saat jam makan siang tiba. Harga yang murah dan rasa kopinya yang mantap membuat kopi Tuku tidak tidak banyak digandrungi oleh seluruh pencinta kafein.

23. Begor Pondok Suryo

Alamat: JL. Suryo No. 16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Bagi pencinta bebek goreng, tempat kuliner Jakarta yang satu ini tentunya tidak boleh dilewtkan begitu saja. Bebek Goreng Pondok Suryo yang salah satunya berada di lokasi Senopati, Jakarta Selatan ini memang tak asing dengan menu bebek gorengnya yang garing di luar, tetapi lembut di bagian dalamnya. Bumbu yang digunakan juga benar-benar meresap sampai ke dalam daging.

Nasi yang ada di restoran ini juga disajikan unik, yaitu di dalam cobek yang sudah diberi sambal. Menu favorit di tempat ini merupakan paket bebek goreng yang sudah terdiri dari nasi cobek (nasi putih atau nasi uduk), bebek goreng, tahu, tempe, teri, dan sayur asem.

24. Rempah-rempah

Alamat: JL. Senopati No. 60, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Indonesia, sejak zaman dahulu memang dikenal sebagai negara penghasil rempah-rempah terbesar. Tidak heran bila tidak tidak banyak kuliner khas Indonesia pun memiliki bumbu yang kaya akan rempah. Nah, berangkat dari hal itulah restoran Rempah-rempah hadir. Restoran dengan bangunan bergaya kolonial ini memiliki resep keluarga turun-temurun selama lebih dari 60 tahun.

Menu khas Indonesia andalan yang ada di tempat kuliner Jakarta ini di antaranya sup senggang halimah, ikan arsik, ayam goreng rempah, dan bebek goreng bengil. Untuk minumannya sendiri, ada es biji salak pacar cina, dan aneka jus segar yang menggugah selera. Di tempat kuliner ini, saya dan anda bisa menyantap kekayaan kuliner seluruh Indonesia tanpa perlu beranjak atau berpindah tempat.

25. Palembang Food

Alamat: JL. Suryo No. 50, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Di lokasi tinggal santap di Jakarta ini, di samping pempek, Anda juga dapat menikmati menu pindang tulang iga khas Kota Palembang. Pindang tulang iga disajikan dengan kuah berwarna kuning kemerahan yang sangat menggugah selera. Rasa kuahnya pedas dan gurih berpadu dengan rasa daging iga yang empuk dan nikmat. Rasa pempeknya juga tidak kalah lezat dengan pindang tulang iga yang ada. Bagi penikmat kuliner Jakarta yang berkeinginan mencicipi sekian tidak sedikit makanan khas Palembang, lokasi tinggal santap ini merupakan pilihan yang tepat.

Artikel Lainnya :
Kuliner Terkenal Di Surabaya Paling Recommended
25 Kuliner Bandung Yang Recommended Banget
7 Situs Streaming Sepak Bola
9 Isteri Soekarno
7 Bukti Alien Di Bumi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *